in

Manfaat dan Khasiat Buah Bengkoang untuk Janin

jaringinfo.com, JAKARTA- Bengkoang dikenal sebagai buah yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan bengkoang untuk ibu hamil juga memiliki sejumlah manfaat yang menakjubkan.

Seperti dilansir siberindo.co group jaringinfo.com, tumbuhan asal Benua Amerika yang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus ini dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Dan kabar baiknya, tak hanya baik untuk masker dan segar untuk dimakan, terdapat manfaat baik lain di balik bengkuang, khususnya untuk ibu hamil lho, Moms! berikut ini sejumlah manfaat bengkuang untuk ibu hamil

1. Membantu Pertumbuhan Tulang Janin

Bengkoang memiliki kandungan mineral kalsium yang mana sangat diperlukan selama masa kehamilan untuk membantu dalam pembentukan jaringan dan tulang janin.

Selain itu, kandungan ini juga sangat bermanfaat dalam pembentukan gigi janin hingga membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Jadi, jangan ragukan manfaat bengkoang untuk ibu hamil.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Selama menjalani proses kehamilan, wanita hamil kerap mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Nah, jika Mama juga mengalami serupa saat hamil, maka tak perlu khawatir, karena Bengkoang bisa jadi solusinya.

Bengkoang mengandung serat dengan kandungan zat inulin yang terbilang besar. Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa inulin dalam bengkoang ini dapat melancarkan fungsi usus, mengatasi sembelit hingga melancarkan peredaran darah dalam saluran pencernaan.

3. Membantu Pembentukan Sistem Saraf

Bengkuang juga membantu pembentukan sistem saraf janin di dalam kandungan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsinya pada trimester awal, karena bengkuang mengandung folat yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan sistem saraf janin dan mencegah terjadinya cacat otak pada janin.

4. Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Vitamin C yang cukup banyak dalam bengkoang bisa membantu Bunda dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Harapannya, beragam macam penyakit bisa dihindari.

5. Kaya Kandungan Antioksidan.

Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E, selenium, dan beta-karoten yang merupakan senyawa bermanfaat yang membantu mencegah kerusakan sel.

Antioksidan membantu melindungi terhadap kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas, molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif.

 

Sumber : siberindo.co.

Dijegal Kasus Dugaan Korupsi 2013, Cawabup Petahana OKU Meringkuk di KPK

WR III UPRI Sambangi Sekretariat IWO Sulsel, Ini yang Dibahas