in

Begini Cara Mengobati Asam Lambung Berlebih

POTO : ilustrasi lambung (IST).

Mungkin kamu pernah mengalami sakit di bagian perut dan langsung mengasumsikan sedang mengalami sakit maag. Ternyata, tidak selamanya hal tersebut benar loh. Bisa saja kamu mengalami sakit asam lambung.

Penyakit Asam lambung memang dapat menyerang siapa saja dan kapanpun makanya penyakit satu jangan dianggap sepele.

Penyakit ini bisa menjadi gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu kondisi di mana asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan). Gejalanya nyeri uluhati, susah menelan dan sampai mengalami nyeri di dada.

Ada beberapa cara untuk menurunkan asam lambung tanpa obat, salah satu yang bisa dilakukan di rumah adalah mengatur kebiasaan sehari-hari atau mengonsumsi makanan tertentu yang baik untuk mengatasi asam lambung.

Baca:   Presiden Jokowi Minta Menteri Terawan Rancang Testing Covid-19

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa obat asam lambung naik yang terbukti mujarab dan bisa anda peroleh dari bahan alami atau ada di sekitar.

1. Pisang

Siapa sangka ternyata buah berkulit kuning ini bisa menyembuhkan asam lambung, sebab buah ini memiliki kandungan yang bersifat antasid alami, yang dapat menekan produksi asam lambung.

2. Lidah Buaya

Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya selain dipercaya mampu meredakan luka bakar, ternyata juga dapat mengurangi peradangan yang ada di dalam perut dan kerongkongan penderita GERD.

Tidak hanya itu, lidah buaya ternyata juga dapat bersifat laksatif, seperti pencahar. Jadi perhatikan takaran saat mengonsumsi lidah buaya.

Baca:   Tujuh Manfaat Alpukat Beserta Keistimewaannya

3. Jahe

Jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya.

Tanaman satu ini dapat memberikan respon gastroprotektif, yang dapat mencegah peningkatan produksi asam lambung. Tak hanya itu, jahe juga dapat melawan bakteri Helicobacter pylori, yang hidup pada asam lambung.

4. Teh Chamomile

Sebagai obat alami untuk atasi asam lambung, teh chamomile dapat diminum satu jam sebelum tidur. Selain mengatasi naiknya asam lambung, teh ini juga efektif redakan stres yang merupakan salah satu pemicu meningkatnya asam lambung. Cara mengolah teh ini adalah dengan merebusnya, lalu diamkan selama beberapa menit, lalu sajikan. Agar lebih enak, kamu bisa mencampur teh chamomile dengan lemon atau madu.

Baca:   Awas, Covid-19 Juga Menyerang Mental

5. Akar marshmallow.

Akar marshmallow mengandung berbagai zat yang dapat meredakan batuk, menyembuhkan luka pada lambung dan kerongkongan, serta mengatasi infeksi bakteri. Tanaman ini juga dipercaya dapat melindungi dinding lambung, sehingga tidak mudah luka saat terkena asam lambung.

Tak hanya asam lambung, daun dan akar marshmallow juga dapat digunakan untuk mengobati diare, konstipasi, peradangan lapisan lambung, serta nyeri dan pembengkakan di saluran pernapasan.

 

 

 

 

Sumber : siberindo.co.

PAS Ungguli RA, Begini Hasil Perhitungan Tingkat PPK

Polisi : Kondisi MRS Sehat di Sel Tahanan