in

Pemerhati : Pilkada Kabupaten Sekadau Telah Bejalan Sukses

POTO : Pemerhati demokrasi, Dr, Yopinus, M Si (Ist).

jaringinfo.com, SEKADAU-Rangkaian pelaksanaa pilkada serentak tahun 2020 Kabupaten Sekadau telah berakhir.

Pemerhati demokrasi, Dr, Yopinus,M Si menilai secara umum semua tahapan dan proses pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Sekadau berjalan lancar, karena selama penghitungan suara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak ada masalah yang krusial. Semua saksi di tingkat TPS sudah menerima hasil perhitungan suara.

“Andaipun ada sedikit masalah itu sudah menjadi dinamika di alam demokrasi,” ujar Yopinus pada Senin (28/12/2020) melalui pesan singkat.

Menurut Yopinus, secara umum proses demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik. Diketahui buruknya proses demokrasi selama pilkada di kabupaten Sekadau indikatornya adalah
tidak terjadi konflik. Kemudian tidak adanya intimidasi dan netralitas ASN juga cukup baik.

” Inilah salah indikator pilkada di Sekadau terlaksana dengan baik, karena semua pihak sudah melaksanakan tugas dengan baik,” timpalnya.

Selain itu secara umum kata dia lagi, selama proses pemungutan suara di tingkat TPS sudah mengikuti protokol kesehatan (prokes)

“Saya melihat selama pelaksanaan hari pencoblosan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak terjadi hal-hal yang melanggar aturan, baik pelanggaran UU maupun PKPU, semuanya berjalan lancar, artinya proses demokrasi sudah berjalan dengan baik,”ulas dosen muda ini.

Pilkada kali ini kata dia, partisipasi pemilih meningkat,bahkan 70 persen lebih, itu artinya masyarakat Kabupaten Sekadau sadar dalam berdemokrasi. Sebab warga mulai menyadari suara mereka yang akan menentukan masa depan daerah,pemahaman seperti ini sudah mulai tumbuh di benak warga sekadau.

“Secara pribadi saya mengapresiasi kinerja pihak penyelenggara dan pengawas serta pihak keamanan yakni kepolisian dan TNI, yang telah melakukan tugasnya dengan baik,” ucapnya

Karena kata dia lagi, dari awal masa kampanye sampai hari pencoblosan, situasi secara umum di kabupaten Sekadau aman, itu artinya masyarakat sudah dewasa dalam berpolitik, kendati berbeda pilihan mereka tetap rukun.

Sementara salah seorang anggota Komisioner KPU Kabupaten Sekadau, Gita Rantau menyebutkan partisipasi masyarakat pemilih pada pilkada Kabupaten Sekadau mencapai 74,61 persen.

“Jumlah partisipasi pemilih kabupaten Sekadau sebesar 74,61 persen, jumlah ini cukup bagus dimasa pandemi seperti ini,”kata Gita.

Salah seorang anggota Bawaslu Kabupaten Sekadau, Al Aminudin,  mengungkapkan semua dugaan pelanggaran ringan sudah dilakukan tindakan oleh Bawaslu melalui saran dan perbaikan oleh Pengawas. Lantas begitu juga dengan laporan yang masuk ke Bawaslu, semuanya sudah ditangani.

“Laporan yang masuk ke Bawaslu sudah di tangani semua,”tegasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/editor : Sutarjo.

Polda Kalbar Ungkap 760 Kasus Narkoba, Amankan 1.019 Tersangka, Dominan Karyawan Swasta

Gelar Ops Yustisi di Jembatan Besi dan Kalianyar, Tim Gabungan Jaring 19 Pelanggar