in ,

Dinkes Siapkan Fasilitas Penyimpanan Vaksin Covid-19

POTO : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh (Nduk Susi).

jaringinfo.com, SINTANG- Vaksin Sinovac buatan Tingkok ini akan segera tiba di Kabupaten Sintang dan diperkirakan pada 13-17 Januari 2020 ini.

Sejumlah elemen, teritama tenaga kesehatan (nakes) akan di diberikan vaksin Covid-19. Pemberian vaksin tersebut akan berlangsung secara serentak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh mengatakan vaksin virus Covid 19 , saat ini telah tiba di Pontianak, hanya saja pihaknya belum tahu kapan bakal dikirim ke Sintang. Dan berapa jumlah untuk Kabupaten Sintang. Tapi target pertama adalah tenaga kesehatan.

“Kita sudah siapkan tempat penyimpanan vaksin virus corona di Dinas Kesehatan. Kita sudah koordinasi dengan pihak Polres Sintang untuk melakukan pengamanan baik dari Pontianak – Sintang maupun dari Kabupaten Sintang ke kecamatan. Nah vaksin tersebut jika sudah sampai ke Sintang akan disebar keseluruh kecamatan , ke Puskesmas-puskesmas sesuai dengan target. Dan tenaga kesehatan pun tidak semua di vaksinasi hanya bagi mereka yang sudah terdaftar itu sekitar 2 ribuan,” ungkapnya.

Menurut Sinto, nakes diprioritaskan yang tidak memiliki penyakit kontra indikasi, penyakit-penyakit komorbit. Dan pada intinya pihaknya sudah siap, baik tenaga vaksinasi. Kemudian nantinya vaksin dikirim beserta peralatan lengkap pendukung vaksin nya, direncanakan dilakukan vaksin serentak pada tanggal 13-17 Januari ini.

“Nakes yang penerima vaksin sudah terdaftar sekitar 2 ribuan, dimulai umur 17 tahun tidak boleh ada penyakit komorbit. Dan yang punya komorbit bakal di vaksin belakangan semisal hypertensi, diabetes , jatung, gagal ginjal atau penyakit penyakit auto imun itu nanti. Jadi protokol nya kita sudah dapat, prosedur semua sudah lengkap. Penyimpanan di gudang farmasi dan pihak Polres sudah meninjau kesana, untuk dikawal agar penyimpanan vaksin ini aman dan ketika didistribusikan dari Pontianak ke Sintang bakal nyampai tepat waktu dan dalam kondisi yang aman ,tidak pecah,” ulasnya.

Sinto menegaskan vaksin yang bakal didistribusikan ini aman , setelah menunggu persetujuan dari Balai POM.

“, Tidak mungkin Balai POM memberi ijin jika barang tersebut tidak aman dan berefek kepada masyarakat. Jika sudah ijin edar dikeluarkan. Kemudian ijin distribusinya dan balai POM sudah menyatakan aman ya berarti aman,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

Pewarta/editor : Nduk Susi.

 

 

 

Rudi Hartono : Ini Proyek “Siluman” atau “Titipan”?

Jarot : Distribusi Vaksin ke Sintang akan Dikawal Ketat Aparat