in

Pekerja Proyek Pipanisasi Tak Terapkan K3, Mohlis Saka Angkat Bicara

POTO : Galian pipa pada pekerjaan saluran pipanisasi (inzet Mohlis Saka). By Hendi Pratama.

jaringinfo.com, MEMPAWAH-Pelaksanaan saat pekerjaan proyek fisik kerap terlihat tak menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), sama halnya dengan proyek pipanisasi PDAM Mempawah.

Hal tersebut mengundang tanya di kalangan masyarakat. Sehingga membuat salah seorang aktivis di Kabupaten Mempawah, Mohlis Saka angkat bicara.

“Ya, di lapangan ada terlihat prosedur yang tak diterapkan oleh pelaksana seperti K3 pekerja. Ini hal kecil tapi jangan dianggap sepele oleh pelaksana. K3 ini menjadi keharusan di lapangan, sebab itu bagian dari pekerjaan,” tuturnya.

Selanjutnya, selain penerapan K3,  Mohlis Saka juga mengajak masyarakat untuk mengawasi kegiatan proyek yang ada agar tak dimanfaatkan oleh oknum tertentu.

“Hal lain yang patut kita awasi bersama ialah spesifikasi pekerjaan di lapangan seperti kedalaman dan lebar galian. Sebab jika itu tak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) maka akan berdampak buruk terhadap kualitas itu sendiri,” pungkasnya.

Lebih jauh, Mohlis Saka mengaku dirinya sangat menyayangkan apabila kesalahan dalam suatu proyek hanya mendapat teguran yang mana hal tersebut tak menimbulkan efek jera bagi oknum kontraktor nakal.

“Kita sangat menyayangkan begitu banyak oknum kontraktor menganggap enteng mutu dan kualitas kerja serta aturan lainnya, Sebab merasa aman saja jika ada kelalaian kerja ataupun kualitas kerja yang tak bagus cukup diperbaiki ataupun mengembalikan uang negara maka selesai sudah masalah mereka.Nah ini yang membuat pelaksanaan pekerjaan selama ini terkesan seenaknya dalam bekerja, tingkat kesadaran pekerja akan tanggung jawab maksimal terkadang tak ada sama sekali,”pungkasnya menyayangkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/editor : Hendi Pratama.

Jarot : Distribusi Vaksin ke Sintang akan Dikawal Ketat Aparat

Sekeluarga Mendayung Menerobos Amukan Badai COVID-19 #6 : Dibentak Doni Monardo Saat Baru Saja Dinyatakan Positif Covid-19