in ,

Peduli Kemajuan Kerajinan Lokal, Rissa Ronny Sambangi Pengrajin Tenun Ikat Sintang

KETERANGAN POTO : Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD Tanjungpura, Rissa Ronny bersama pengurus lainnya mengunjungi pengrajin tenun ikat di Desa Gemba Raya, Dusun Ransi Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Rabu, 06/1/2021. (Nduk Susi).

jaringinfo.com, SINTANG- Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD Tanjungpura, Rissa Ronny beserta Rombongan kunjungi pengrajin tenun ikat di Dusun Ransi Panjang, Desa Gemba Raya, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, pada (6/1/2021).

Kunjungan isteri dari Danrem 121 Abw, Brigjen Ronny S AP ini mendapatkan sambutan antusias dari puluhan pengrajin tenun ikat rata-rata kaum hawa. Dimana menyuguhkan beberapa kreativitas hasil karya mereka mulai dari anyaman caping, topi,tudung saji, kalung, gelang, memintal benang, menenun kain dan lain-lainya.

Rissa juga menyempatkan diri untuk mencoba memintal benang, serta mencoba berbagai hasil karya para pengrajin tenun tersebut.

Sebelum acara dimulai Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD Tanjungpura, Ibu Rissa Ronny ditengah pandemi Covid 19 ini, lebih dulu mengajak para pengrajin untuk disiplin protokol kesehatan penanggulangan Corona dengan menerapkan 3M sembari membagikan masker, tissu, sabun dan hand sanitizer.

Sementara Pj.Kades Gemba Raya Achmadin menyambut baik dan berterimakasih atas kunjungan ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 dan rombongan.

“Alhamdulillah kita mendapat kunjungan ibu ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 dan rombongan,”ucapnya.

Pihaknya tidak menyangka dan terharu atas kunjungan tersebut, dirinya berharap bimbingan dari Persit KCK agar ada terobosan untuk memajukan kerajinan tenun ikat.

“Kami sangat terharu sekali mendapat kunjungan ibu-ibu ke tempat kami.dengan demikian Kami sangat berharap mendapat bimbingan dari ibu agar mendapat terobosan-terobosan untuk memajukan kerajinan tenun ikat ini semakin maju karena kerajinan ini merupakan warisan leluhur kami,” ungkapnya.

Ketua Persit Koorcab Korem 121/Abw Rissa Ronny mengatakan pihaknya setelah melihat lebih dekat dengan para pengrajin tenun ikat Desa Gemba Raya mengajak untuk melestarikan kerajinan lokal Kalimantan Barat.

“Supaya kerajinan tangan kita baik itu tenun ikat dan kerajinan lainya ,manik-manik tak di klaim oleh negara asing bahwa itu miliknya ,mengingat karya tangan itu milik bangsa kita Indonesia,”paparnya.

Sebab itu pihaknya akan menggandeng pemerintah daerah kabupaten Sintang untuk melestarikan kerajinan tenun ikat tersebut dan mengangkat budaya Indonesia.

“Saya sangat terharu dan bangga sekali berada disini bisa berkumpul dengan ibu-ibu pengrajin kain tenun ikat di kabupaten Sintang, kita ini ternyata selain memiliki banyak ragam bahasa, agama juga budaya.Termasuk kerajinan-kerajinan banyak sekali salah satunya kerajinan kain tenun ikat,”jelas Rissa.

Dirinya kembali mengajak para pengrajin serta masyarakat setempat agar selalu menjaga kesehatan di masa pandemi Covid 19 ini agar selalu mentaati protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M ( memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak )

“Semoga silahturahmi kita tetap terjalin dan insyaallah apa yang menjadi penyampaian dari bapak Pj. Kepala Desa tadi akan saya usahakan,” pungkasnya.

Ketua Pengrajin Tenun Ikat Desa Gemba Raya mengaku bangga atas kunjungan tersebut.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih atas kepedulian ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD Tanjungpura dan rombongan karena ini kali pertama ,”akunya.

Dia berharap sesering mungkin untuk dapat berkunjung dan peduli terhadap para pengrajin tenun tersebut sehingga mereka termotivasi dan lebih giat lagi.

Hadir mendampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD Tanjungpura, Ketua Persit KCK Cabang XLIX Kodim 1205, Ibu Retno Eko Bintara Saktiawan Ibu-ibu pengurus Persit KCK Koorcab Rem 121 PD Tanjungpura ibu-ibu pengurus Persit KCK Cabang XLIX Kodim 1205.

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/editor : Nduk Susi.

Sekeluarga Mendayung Menerobos Amukan Badai COVID-19 #6 : Dibentak Doni Monardo Saat Baru Saja Dinyatakan Positif Covid-19

22 Orang Personel Polres Sekadau Ikuti Binlat Calon Peserta SIP Tahun 2021