in

FW-LSM Kalbar Gelar Rakor di Kota Singkawang, Begini Agendanya

POTO : Saat rapat persiapan rakor FW-LSM Kalbar di D’Blues Café, Kamis (28/1/2021).

jaringinfo.com, PONTIANAK- Forum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (FW-LSM) Kalbar berencana akan menggelar rapat koordinasi (rakor) di Kota Singkawang, pada 20-21 Februari 2021 mendatang.

Ditunjuknya Kota Singkawang selaku tuan rumah rakor FW-LSM ini, terungkap dalam pertemuan, pada Kamis (28/1/2021) berlangsung di D’Blues Café Pontianak.

Pertemuan  ini dihadiri presidium, para koordinator wilayah dan Tim Satgas Magna Charta serta sejumlah pengurus lainnya.

“Untuk rakor nanti Kota Singkawang terpilih sebagai tuan rumah. Nah, pelaksanaan direncanakan berlangsung selama dua hari pada tanggal 20 dan 21 Februari 2021. Dan sudah disepakati dalam pertemuan tadi,” ungkap Ketua Umum Presidium FW-LSM Kalbar, Yayat Darmawi.

Menurut Yayat, kegiatan kali ini tidak seperti pelaksanaan agenda tahunan sebelumnya yang dikemas dalam bentuk seminar penegakkan hukum. Namun, untuk kegiatan tahun 2021 ini dalam bentuk rakor dengan tema ‘optimalisasi peran pers dan LSM di Kalbar’.

“Dalam Rakor ini nantinya akan dibahas berbagai isu krusial di setiap kabupaten dan kota se-Kalbar. Kemudian sekaligus melakukan evaluasi atas program yang telah dilaksanakan di tahun sebelumnya,” ujarnya.

Selanjutnya sambung Yayat,  akan ada rekomendasi yang disampaikan kepada publik maupun ditindaklanjuti sebagai bagian dari rencana aksi. Hal ini terkait erat dengan fungsi pers dan LSM sebagai kontrol sosial maupun alat kontrol kinerja pemerintah yang konstruktif bagi kemajuan daerah.

Senada ditambahkan, Sekretaris Jendral (Sekjen) FW-LSM Kalbar, Wan Daly Suwandi  mengungkapkan rakor tersebut nantinya menjadi wahana dalam upaya meningkatkan peran pers dan LSM dalam membangun kemitraan dengan berbagai pihak atau multi stakeholder.

“Kemitraan ini sangat penting sebagai langkah pelibatan masyarakat sipil dalam pencegahan dalam bentuk saran maupun kritik terhadap sebuah kebijakan publik. Namun jika terdapat penyalahgunaan wewenang oleh pejabat negara atau pemerintah maupun penyimpangan lainnya. Maka pers dan LSM setidaknya menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat,” papar owner portal media online info-kalbar. com dan infoindonesia.co ini.

Dijelaskan, dalam hal penguatan kapasitas di internal FW-LSM, pihaknya terus melakukan pembenahan antara lain melalui bimbingan teknis (bimtek) investigasi dan diklat jurnalistik yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian, melalui seminar dengan menghadirkan para narasumber lokal maupun nasional.

“Nah, untuk tahun ini kemasan kegiatannya agak berbeda. Rakor ini lebih bersifat evaluasi, teknis dan pembahasan agenda kerja internal kedepan,” tegas pria yang akrab disapa Juragan ini.

 

 

 

Pewarta/sumber : Rilis.

Editor/uploader : admin jaringinfo.com.

Ketua MA Lantik 23 Panitera Pengganti

Peringati HPN SMSI Gelar Seminar PENKEK