in

Saka Karya Parawisata Cabang Sanggau Terbentuk

POTO :  Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sanggau, Siron saat melantik Saka Pariwisata (ist).

jaringinfo.com, SANGGAU –  Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka dan Pengurus Satuan Karya (Saka) Pariwisata Cabang Sanggau, Selasa (16/3/2021).

Pembentukan Saka Pariwisata Cabang Sanggau berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sanggau Tentang Pembentukan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sanggau Nomor 28 Tahun 2021 dan Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sanggau Tentang Pembentukan Pengurus Satuan Karya Pariwisata Cabang Sanggau Nomor 29 Tahun 2021.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sanggau Siron mengatakan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan republik indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang penyelenggaraannya dilakukan secara terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi norma agama dan nilai budaya, memelihara kelestarian alam dan lingkungan hidup serta memberdayakan masyarakat setempat.

“Untuk itu di perlukan wadah kegiatan khusus dalam bidang pariwisata di lingkungan maka dibentuklah Satuan Karya Pramuka Pariwisata dan berharap, kerjasama yang sudah dibentuk dalam wujud Saka Pariwisata Cabang Sanggau semakin baik dan berkembang guna memajukan sektor pariwisata di kabupaten Sanggau,” ungkap Siron.

Dengan adanya Saka Pariwisata Cabang Sanggau, kata Siron, dapat membentuk kader-kader pelopor pariwisata.

“Tetapi dengan perencanaan dan penerapan program-program latihan kesakaan yang baik, inovatif, kreatif serta tetap dengan memperhatikan prinsip dasar Kepramukaan, tidak terlepas dari peran Majelis Pembimbing dan Pengurus Saka Pariwisata Cabang Sanggau dalam memberikan dukungan, baik secara moril, materil, finansial, organisatoris dan lain – lain.

“Sebagaimana janji/pernyataan yang telah di ucapkan kakak-kakak Majelis Pembimbing dan Pengurus Saka Pariwisata cabang Sanggau,” ujarnya.

Siron yang juga Kepala BPBD Sanggau itu menyampaikan pesan agar nantinya adik – adik Penegak dan Pandega yang akan bergabung di dalam Saka Pariwisata Cabang Sanggau.

“Sebagian besar berasal dari sekolah menengah atas di kota Snggau ini dapat di bina, dibentuk, diarahkan menjadi kader-kader pariwisata yang siap memajukan sektor kepariwisataan di Kabupaten Sanggau sehingga dapat berprestasi baik di tingkat provinsi, nasional bahkan go internasional dengan demikian dapat mengharumkan nama kabupaten sanggau,” pesannya..

Dikatakan Siron, kegiatan yang dikemas secara asik, menarik, kreatif, inovatif dengan tetap berpegang pada Dasa Darma dan Tri Satya Gerakan Pramuka serta memanfaatkan sumber daya alam dan teknologi merupakan senjata utama dalam membentuk kader-kader pariwisata yang handal, terampil, dan siap bersaing dengan tetap berbudi pekerti yang luhur.

“Ini menjadi tugas kita bersama dan lebih khusus pada pengurus saka pariwisata cabang sanggau untuk dapat mewujudkannya,” beber dia.

Adapun Susunan Pengurus Saka Pariwisata Cabang Sanggau yaitu Ketua Kabid Pariwisata, Wakil Ketua Uray Mahyan Supriadi, Sekretaris Kasi Pembinaan Organisasi Kepemudaan dan Pramuka, Bendahara Karmila, A.Md, Krida Penyuluhan Pariwisata Koordinator Kasi Pemasaran Pariwisata, Wakil Koordinator Kasi Pengembangan Destinasi Parwisata, Anggota Kais Peningkatan Prestasi Olahraga, Yohanes Supri Hantoro, S.Sn, Berlinus Endo, S.IP, f. Fadry Saulus, S.IP, Martina Ester dan Angga Wahyuda, kemudian Krida Pemandu Wisata Koordinator Kasubbag Perencanaan Aset dan Akuntabilitas Kinerja, Wakil Koordinator Kasi Kemitraan Pemuda dan Anggota terdiri atas Kasi Infrastruktur dan Kemitraan, Kasi Pemberdayaan dan Pembinaan Olahraga, Cicillia Eva Prihartina,Sn, Feri Julfina, S.Kom, F. Yessi, S.Pd, Rano Pratoyo, S.Pd dan Vinsensius Strambi, S.Pd, kemudian Krida Kuliner Nusantara Koordinator Kasi Ekonomi Kreatif dan Pengembangan SDM Pariwisata, Wakil Koordinator Kasi Pemberdayaan Pemuda dan anggota-anggotanya Kasubbag Umum dan Kepegawaian, ReckyAnggun, S.Sn, Ari Wibowo, Theresia Neti, Sumarti dan Imelda Imah.

 

 

 

 

 

 

Pewarta : tim liputan.

Wartawan Sanggau Jalani Vaksinasi

Jelang Pengukuhan April Mendatang, Kadin Indonesia Gelar Rapat Perdana