in

KPK Pantau Optimalisasi Penerimaan Pajak Pemkot Bengkulu

POTO : Saat pertemuan KPK RI dengan Bappeda Pemkot Bengkulu (ist).

jaringinfo.com, JAKARTA –  Satgas Bidang Pencegahan Direktorat Korsup Wilayah I KPK RI menemui Kepala Bappeda Pemkot Bengkulu dan jajaran, pada 9 April 2021.

Pertemuan dilakukan ini guna memantau kemajuan program optimalisasi penerimaan pajak Pemkot Bengkulu.

Kepala Satgas Pencegahan Korsup Wilayah I KPK Maruli Tua mengatakan, potensi pajak diperoleh Pemkot Bengkulu seharusnya bisa lebih tinggi dari yang dapat dikumpulkan hingga awal tahun 2021 ini.

Berdasarkan data dikumpulkan KPK per 31 Desember 2020, total capaian penerimaan pajak Pemkot Bengkulu tahun 2020 sebesar Rp 92,04 Miliar. Hanya tercapai 73 persen dari target Rp126,72 Miliar.

Sementara, rekapitulasi piutang pajak Pemkot Bengkulu per 31 Desember 2020 adalah Rp15,34 Miliar. Bersumber dari 7 obyek pajak, yakni pajak hotel, restoran, hiburan, burung walet, parkir, air tanah & PPJ. Capaian piutang pajak baru 47% dari seharusnya.

“Skala ekonomi Pemkot Bengkulu masih bisa ditingkatkan dengan melakukan perbaikan sistem pengelolaan administrasi di internal Bapeda Pemkot Bengkulu,” ungkap Maruli.

Maruli meminta Kepala Bapeda Bengkulu mengirim surat kepada para penunggak pajak daerah dengan nilai di atas Rp 50 juta. Lalu, surat itu ditembuskan ke pihaknya agar dapat dipantau oleh KPK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/sumber : KPK RI.

KPK RI Ingatkan Pemda Jangan Pindahkan Kas dari Bank Bengkulu

Prajurit Yonzikon 13/Karya Etmaka Perbaiki Jembatan Pasca Banjir Bandang di Bima