in

Konjen RI di Jeddah Lepas Keberangkatan KRI Sultan Hasanuddin-366, Usai Isi Ulang BBM dan Logistik

POTO : Momen Konjen RI Jeddah melepas keberangkatan  KRI Sultan Hasanuddin-366 dari Jeddah Islamic Port (iet).

jaringinfo.com, JEDDAH—Kapal Repulik Indonesia (KRI) Sultan Hasanuddin-366 bertolak dari Jeddah Islamic Port Arab Saudi pada Rabu, (28/4/2021) sekitar pukul 17:00 Waktu Arab Saudi.

Kapal perang ini, setelah sempat singgah untuk pengisian bahan bakar dan bekal ulang logistik.
.
Keberangkatan kapal perang milik TNI Angkatan Laut dilepas oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Eko Hartono, dalam sebuah upacara sederhana di geladak kapal.

Upacara pelepasan dihadiri oleh Atase Laut Kolonel Laut (T) Andik Hermawan, S.T., Asisten Atase Pertahanan Mayor (inf) Ilham Taufik dan sejumlah home staff KJRI Jeddah.
.
Konjen RI Jeddah dalam sambutannya menyatakan rasa bangga menyambut kehadiran para prajurit kebanggaan bangsa Indonesa dalam perjalanan kembali ke tanah air, setelah bertugas selama 16 bulan dalam misi perdamaian PBB di Perairan Lebanon.
.
“Kami mencatat selama bertugas, prajurit Indonesia di mana pun bertugas, hampir semuanya melaksanakan tugas dengan baik. Untuk itu, kami atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pengabdian anda sekalian selama bertugas,” ucap Konjen RI Jeddah.
.
Ditambahkan Konjen, tantangan bertugas di Lebanon saat ini sangat berat di tengah pergolakan politik di negara itu, dan diperparah lagi dengan pandemi Covid-19. Meski demikian, di tengah situasi sulit, para prajurit berhasil merampungkan tugas dengan baik.
.
Konjen Eko Hartono juga memohon maaf karena tidak dapat memfasilitasi para prajurit untuk turun dari kapal, melepas penat sejenak dan menunaikan umrah bagi para kru yang muslim. Hal itu karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang sangat ketat untuk menanggulangi wabah Covid-19 yang belakangan ini angka kasusnya cenderung meningkat.
.
“Pada situasi normal, kami di KJRI Jeddah memfasilitasi dari Anda yang muslim untuk turun dari kapal dan menunaikan ibadah umrah,” ucap Konjen Eko Hartono.
.
Disampaikan oleh Komandan kapal, Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS, bahwa KRI Sultan Hasanuddin-366 yang membawa 119 Prajurit telah merampungkan misi perdamaian PBB di Lebanon. Armada ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL 2019.
.
Wakil Komandan kapal, Mayor Laut (P) Angga Radiansyah, S.E. mengungkapkan, bertugas di tengah pandemi memberikan tantangan tersendiri. Dirinya dengan sesama rekan prajurit tidak bisa leluasa karena mobilitas terbatas.
.
“Di pertengahan 2020, kita juga dihebohkan dengan ledakan di pelabuhan Beirut,” ungkapnya.
.
Namun, imbuh dia, dirinya bersama rekan-rekannya dapat menambah pengalaman bergaul dan bekerja sama dengan para prajurit dari negara asing.
.
“Kami bisa memperkaya wawasan kita dari segi kemiliteran, jam terbang tour of duty kita,” ujarnya.
.
Dari Jeddah, KRI Sultan Hasanuddin-366 akan singgah di Salalah (Oman), Cochin (India), kemudian masuk ke perairan Indonesia dan akan ​sandar sementara di pangkalan Batam, lalu masuk ke Jakarta dan berakhir di Pangkalan Surabaya sekitar 23 Mei 2021.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : KJRI Jeddah.
.
.

Walikota Bontang Gelar Ramah Tamah dan Buka Puasa Bersama Ketua MUI Kaltim

Rutin Gelar Tadarus Alquran, Wabup Agam Puji Kekompakan Warga Meninjau