in

KJRI dan SJI Jeddah Gelar Upacara Peringati Hardiknas

POTO : Rangkaian peringatan Hardiknas di KJRI Jeddah-SIJ (ist).

radarkalbar.com, JEDDAH – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah dan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dalam sebuah upacara pada Minggu, (2/5/ 2021).

Upacara ini diselenggarakan dengan jumlah peserta yang sangat terbatas dan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini sesuai dengan ketentuan dari pemerintah setempat yang melarang adanya kerumunan massa selama masa pandemi.
.
Kendatipun diselenggarakan secara sederhana, upacara tetap berlangsung khidmat, dengan balutan pakaian khas daerah yang dikenakan para guru SIJ.
.
Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono hadir sebagai Pembina Upacara Hardiknas yang tahun ini mengusung tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.
.
Setelah barisan peserta upacara disiapkan dan pembina upacara memasuki lapangan upacara, pengibaran bendera merah-putih segera dilaksanakan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari beberapa siswa pilihan yang sudah terlatih, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.
.
Selanjutnya, pembina upacara mengajak seluruh peserta untuk mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta, pembacaan naskah Pembukaan UUD’45, dan penyampaikan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Republik Indonesia oleh pembina upacara.
.
Seluruh rangkaian upacara Hardiknas 2021 diakhiri dengan doa bersama.
.
Saat membacakan amanat Mendikbud-Ristek, Konjen RI Jeddah selaku pembina upacara mengajak para peserta upacara agar menjiwai pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, menghidupkannya kembali agar lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati.
.
“Esensi mendasar pendidikan haruslah memerdekakan kehidupan manusia,” ujarnya.
.
Kemendikbud-Ristek secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan Merdeka Belajar.
.
Empat upaya perbaikan terus dilakukan bersama berbagai elemen masyarakat yang meliputi perbaikan infrastruktur dan teknologi, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat adalah perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.
.
“Krisis pandemi ini adalah ladang optimisme yang menunggu untuk kita panen. Krisis adalah kesempatan kita untuk menuai kemajuan,” ungkapnya.
.
Upacara memperingat Hardiknas 2021yang digelar di tengah bulan suci Ramadan dan musim panas ini diikuti oleh perwakilan staf KJRI Jeddah, guru SIJ dan anggota Paskibra.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/sumber : KJRI Jeddah/fb.

Tim Terpadu Kota Batam Temukan Tempat Usaha Abaikan Prokes, Ini Nama-namanya

Wawako Batam Ajak Tokoh Masyarakat Sosialisasikan Prokes