in

Pemkab Flores Timur Apresiasi Yayasan FREN & ChildFund Internasional

POTO : Sesi poto bersama usai pelatihan dukungan Psikososial dan Child Safeguarding bagi relawan yang dilaksanakan di aula Saron Keuskupan Larantuka (ist).

jaringinfo.com, FLORES TIMUR – Pemkab Flores Timur memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pengurus Yayasan FREN & ChildFund Internasional pada Senin, (03/05/2021).

Hal itu disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Flores Timur, Abdur Razak Jakra, SH dalam sambutan yang mewakili Bupati Flores Timur.

” Mewakili Pak Bupati, Pemkab Flores Timur memberikan apresiasi kepasa Yayasan FREN & ChildFund Internasional yang telah melaksanakan pelatihan dukungan Psikososial dan Child Safeguarding bagi relawan yang dilaksanakan di aula Saron Keuskupan Larantuka ini,” ungkapnya.

Hadir saat itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Flores Timur, Sri Ardi Rahaju, S.Sos, M.AP, Project Coordinator Yayasan Fren, Maria M. Pelapadi serta para peserta pelatihan .

Ditambahkan, Pemerintah Daerah menyambut baik kegiatan yang dikolaborasi oleh Dinas Pemberdayaan Penduduk dan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan teman – teman dari yayasan Fren dan ChildFund International.

“Semoga hal ini kemudian bermanfaat bagi masyarakat kita dan tentunya kita berdoa agar kondisi khususnya di Adonara segera pulih dan anak–anak boleh melakukan aktifitas seperti sedia kala untuk kehidupan masa depan mereka sebagai calon–calon pemimpin masa depan bangsa,” ungkapnya.

Menurut Abdur Rajak, kegiatan ini merupakan bagian dari respon cepat yang diberikan oleh teman–teman yang terhimpun dalam sahabat seroja yang hal ini telah masuk dalam sistem penanganan bencana.

Untuk itu Bupati menyambut baik dan berterima kasih kepada ChildFund Internatioal dan yayasan Fend yang telah berkolaborasi untuk melakukan pertemuan pada hari ini. Dalam satu musibah bencana sekalipun atau dalam bentuk apapun yang biasa rentan terhadap bencana yaitu para lansia dan anak. Dan hari ini Psikososialnya lebih mengarah kepada anak, maka dari itu patut dipahami oleh peserta yang ada, ini kegiatan yang langkah untuk dilakukan.

“Syukur karena adanya bencana ini kita diperkenalkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan Psikososial terutama pada anak,” timpalnya.

Oleh karena itu Bupati mengharapkan agar semua peserta intens mengikuti kegiatan dengan menunjukkan atensi yang tinggi terhadap pemaparan materi dan semacam pelatihan – pelatihan yang dibuat agar pada waktunya.

Sementara, Maria M. Pelapadi Project Coordinator Yayasan Fren dalam laporan penyelenggaraan kegiatan mengatakan Kemitraan Yayasan Fren dengan Childfund International melalui kerja pemenuhan hak anak, perlindungan anak serta penguatan anak dan orang muda. Tidak semua relawan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang prinsip dasar psikososial serta pemahaman tentang perlindungan anak dalam situasi emergency, maka Yayasan Fren didukung ChildFund International di Indonesia bersama Dinas P2KBP3A Kabupaten Flores Timur menyelenggarakan pelatihan bagi relawan tentang dukungan psikososial dan child safeguarding sebagai salah satu solusi efektif.

Adapun tujuan kegiatan ini meningkatkan pemahaman peserta tentang dukungan psikososial bagi anak dan penerapannya dalam sebuah kegiatan kemanusiaan serta meningkatkan pemahaman peserta tentang Child safeguarding dalam situasi bencana dan diterapkan dalam kegiatan dengan baik. Waktu pelaksanaan tangga 3 – 5 Mei 2021 tempat aula Sinar Saron Keuskupan Larantuka.

Sedangkan pesertanya dari Dinas P2KBP3A, BPBD, Dinsos, Unit Layanan Disebilitas (ULD), Yaspensel dan YPPS, Karitas Larantuka, Yayasan Karya Peduli, LKS, PMKRI dan YTTB, berjumlah 30 orang. Sementara Nara sumber YKKS dan ChildFund.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/sumber : Prokompim Flotim.

Editor/uploader : redaksi jaringinfo.com.

Gubernur Banten : Warga Jabodetabek Dilarang Mudik ke Serang, Pandeglang, Lebak, dan Cilegon, Disini Letak Pos Penyekatannya

Saat Salurkan Zakat, Walikota Bontang Katakan Ini