in

Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Kapuas, Plt Sekda Kalteng Katakan Ini

POTO : Plt. Sekda Kalteng Nuryakin saat memonitor pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Basarang dan Puskesmas Selat Kabupaten Kapuas (ist). 

jaringinfo.com, KAPUAS – Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah, Kalimantan Tengah, Nuryakin, memonitor pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Basarang dan Puskesmas Selat, Kabupaten Kapuas, Sabtu (05/06/2021).

Hadir mendampingi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul dan Plt. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Erlin Hardi serta sejumlah pejabat lainnya.

Bertolak dari Palangka Raya pada Sabtu pagi, rombongan tiba di Puskesmas Basarang disambut Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat beserta jajarannya. Lantas, Plt. Sekda Nuryakin melihat secara langsung proses vaksinasi. Usai mengunjungi Puskesmas Basarang, rombongan beranjak menuju ke Puskesmas Selat untuk memantau hal serupa.

Plt. Sekda Nuryakin mengatakan Pemerintah Provinsi Kalteng mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas.

“Kita kunjungi Puskesmas Basarang maupun Puskesmas Selat dan masyarakat itu antusias. Jadi kami melihat di Kabupaten Kapuas sangat baik sekali, yang kita takutkan petugasnya banyak tapi yang divaksin sedikit. Kami salut dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas, petugasnya semangat semua, ” ungkapnya.

Plt. Sekda secara ringkas memaparkan laporan perkembangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng bahwa target vaksinasi tenaga kesehatan sudah mencapai 106 persen. Selanjutnya ditargetkan tenaga pendidikan karena ini berkaitan dengan proses belajar-mengajar yang sudah mulai dibuka di bulan Juli.

“ Jadi kami atas nama Pemerintah Provinsi mengucapkan terima kasih Pak Bupati, Pak Kapolres, Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, beserta jajaran lainnya yang telah saling bersinergi,” ucapnya.

Menurut, Nuryakin, pihaknya seizin Gubernur  memantau kegiatan vaksinasi di setiap kabupaten/kota. Karena ini melihat menjadi tugas berat semua untuk melakukan pemantauan dan menindaklanjuti perintah pimpinan.

“Maka, kita berharap bahwa setiap hari pergerakan untuk pelaporan itu bisa lebih meningkat,” ungkapnya.

Sementara Kadis Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan capaian vaksinasi di Kalimantan Tengah saat ini bagi tenaga kesehatan telah mencapai 106 persen, untuk pelayan publik mendekati 60 persen dan lanjut usia masih berada di angka 14 persen.

Lantas, Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat mengungkapkan apresiasi atas kehadiran rombongan.

“ Saya atas nama masyarakat Kabupaten Kapuas menyampaikan selamat datang kepada bapak Plt. Sekda dan rombongan yang sudi datang pada hari ini,” ungkapnya.

Bupati Kapuas, melaporkan setiap hari vaksinasi juga dilakukan di seluruh kecamatan dan di puskesmas.

“ Kita harapkan kegiatan vaksinasi ini bisa cepat terealisasi. Kalau nanti vaksin kurang, kami minta kepada bapak kepala dinas kesehatan. Karena dalam komunikasi dengan Pak Gubernur, beliau mengatakan kalau vaksin kurang agar cepat memberitahu supaya kami (Provinsi) kirim. Ini luar biasa dukungan provinsi untuk penanganan Covid-19 ini,” ujar Bupati.

Bupati Ben Brahim mengatakan bahwa untuk Kabupaten Kapuas angka penderita COVID-19 sudah jauh menurun.

“ Nah, memang 17 kecamatan ini tidak semua pak ada yang kena Covid-19, masih banyak yang zona hijau, terutama kecamatan-kecamatan di atas termasuk juga yang di daerah-daerah laut,” terang nya.

Menghadapi tantangan agar para lansia mendapat vaksinasi Bupati membagikan strategi.

“ Jadi kalau di Kapuas lumayan ya untuk lansia, strateginya kita tugaskan Bapak Camat, Ibu Camat atau seluruh Kepala Desa untuk bertanggung jawab membawa lansia ke tempat vaksin. Nah, ini yang kita lakukan berjalan. Pada hari ini di Basarang atau di mana-mana, seluruh puskesmas, di seluruh wilayah Kabupaten Kapuas. Jadi sistemnya begitu, dibantu oleh para Kepala Desa,” bebernya.

Hal itu menjadikan kinerja yang bagus para kepala desa salah satunya ditunjukkan dari berapa persen warganya telah divaksin termasuk lansia.

“ Nah, kemudian untuk masyarakat sendiri, kalau tidak mau divaksin akan dipertimbangkan dalam pemberian bantuan langsung tunai, PKH, dan bantuan-bantuan lainnya termasuk mau bepergian, nanti kan minta swab antigen/RT-PCR, ini tidak akan diberikan nanti, sesuai dengan Perpres No.14 Tahun 2021,” katanya.

Menanggapi pantauan vaksinasi di dua puskesmas, Bupati mengatakan semua berjalan dengan baik.

“ Saya berterima kasih kepada seluruh tenaga medis, bapak/ibu dokter, bapak/ibu “ kata Bupati sambil mengajak semua pihak terkait memberikan pengertian kepada masyarakat untuk divaksin. (dew/win/renn/eka).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/sumber : Sekda Kalteng/fb.

Anggota Zidam XII/Tanjungpura bersama PT. Cipta Ketamar Wasardas Serahkan Bantuan untuk Pembangunan Masjid

Personel Zidam XII Tpr Ingatkan Pekerja Soal Prokes dan K3