in

Mentan RI Hadiri GITA 2021 di Probolinggo, Upaya Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

POTO : Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo menghadiri Gelar Inovasi Teknologi Akabi (Aneka Kacang dan Umbi) atau GITA 2021 (ist)

jaringinfo.com, SUMBERASIH – Menteri Pertanian (Mentan RI) RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo menghadiri Gelar Inovasi Teknologi Akabi (Aneka Kacang dan Umbi) atau GITA 2021, berlangsung di di lapangan IP2TP Muneng di Desa Muneng Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (26/6/2021).

Kegiatan itu dirangkai dengan peresmian instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Muneng dan Festival Tempe.

IP2TP Muneng ini merupakan satu dari lima IP2TP yang berada dibawah Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). GITA 2021 mengusung tema ‘Hilirisasi Teknologi Akabi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional sekaligus Peningkatan Kesehatan Masyarakat”.

Hadir mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. Peresmian IP2TP Muneng sendiri ditandai dengan pemecahan kendi berlanjut dengan pemotongan untaian bunga.

Rangkaian GITA 2021 ini meliputi gelar lapang komoditas akabi, peresmian IP2TP Muneng, pelepasan ekspor ubi jalar dan kecap, penandatanganan MoU, pameran dan webinar series. Melalui tema GITA 2021, dilakukan peragaan gelar inotek berkonsepkan hulu-hilir, varietas produk Balitbangtan di lapangan digunakan oleh industri, baik sebagai bahan baku produk, komoditas ekspor maupun yang telah dilisensi untuk produk benih sumbernya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Peternakan serta Balai Penelitian Tanaman Kacang dan Umbi antara Kementerian Pertanian RI dengan Kepala Litbang Pertanian Kabupaten Probolinggo Fadjry Djufry disaksikan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta /sumber : Pemkab Probolinggo.

Soal Sebaran Covid – 19 di Indonesia, Pemerintah Hongkong Keluarkan Kebijakan, Begini Respon KJRI

KJRI Kuching Kembali Pulangkan WNI Kondisi Khusus dan Terlantar di Negeri Jiran