in

Jelang HUT Kemerdekaan, Satgas Pamtas 643/Wns bersihkan Tugu Pancasila

Foto : Personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bersama instansi terkait dan warga Desa Jagoi berfoto bersama usai melaksanakan karya bakti membersihkan Tugu Pancasila Perbatasan RI-Malaysia yang terletak di Kecamatan Jagoi Babang. (Foto : Ist)

 

Jaringinfo.com Bengkayang – Personel Pos Koki Jagoi Babang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bersama instansi terkait dan warga desa Jagoi melaksanakan karya bakti membersihkan Tugu Pancasila Perbatasan RI-Malaysia yang terletak di Jl. Dwikora Dusun Jagoi Babang Desa Jago Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimatan Barat.

“Pelaksanaan karya bakti pembersihan tugu Pancasila ini dilakukan oleh 15 personel dipimpin oleh Dan SSK II Koki Jagoi Babang Lettu Inf Oki Abri Maestro bersama instansi terkait dan warga desa Jagoi. Mereka melakukan kegiatan membersihkan sekitar Tugu Pancasila, mengecat pagar dan Tugu Pancasila serta pemasangan tiang bendera yang sudah lama tidak terpakai dan juga mengganti bendera yang sudah pudar warnanya,” ungkap Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono,  dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong di Sanggau. Sabtu (07/08/2021).

Dikatakanya, meskipun masih dalam suasana pandemi COVID-19, warga masyarakat perbatasan dan instansi terkait tetap melaksanakan berbagai kegiatan. Dan, karya bakti itu dilakukan dengan tetap mengikuti protokol COVID-19, semua yang berpartisipasi dengan sadar menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker saat melakukan aktivitas.

“Kegiatan pembersihan tugu Pancasila di perbatasan RI-Malaysia di Desa Jagoi ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Pamtas dalam meningkatkan rasa nasionalisme warga perbatasan menjelang HUT ke-76 Republik Indonesia”, terang Dansatgas.

Di tempat terpisah Dan SSK II Koki Jagoi Babang Lettu Inf Oki Abri Maestro mengungkapkan kegiatan ini sebagai wadah mempererat tali silaturahmi antara Satgas Pamtas, Instansi terkait dan juga warga Desa Jagoi.

“Hal ini dimaksudkan agar selalu tercipta suatu kesatuan dan kemanunggalan TNI dan Rakyat, dan tentunya hal ini dapat memperkuat pondasi rasa nasionalisme di wilayah perbatasan,” kata Lettu Inf Oki

Sementara itu Kades Jagoi, Dedeng menyatakan  pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns yang telah menginisiasi kegiatan Karya Bakti pembersihan Tugu Pancasila ini.

“Dalam kegiatan itu sangat tergambar kebersamaan antara TNI dan warga Jagoi sehingga tercipta rasa nasionalisme yang tinggi di warganya,” tutup Dedeng.

 

Pewarta : Slamet Ardiansyah

Editor      : Slamet Ardiansyah

Vaksinas, Ikhtiar Bangsa Lindungi Diri Dari COVID-19

Pasangan Muda Mudi Putussibau Terjaring Patroli Malam Polisi