in

Sutarmidji Berharap Target Vaksinasi di Kalimatan Barat Mencapai 70 persen

Foto : Gubernur Kalbar Sutarmidji saat meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Rumah Melayu di Kota Pontianak. (Foto : ist)

Jaringinfo.com PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum berharap target pencapaian vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat di Kalimantan Barat bisa mencapai 70 persen. Hal itu diungkapkannya ketika membuka kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan hasil kerja sama antara Perkumpulan Merah Putih, DPD RI, TNI, Polri, dan Pemprov Kalbar yang bertempat di Rumah Adat Melayu di Kota Pontianak, Sabtu (7/8/2021).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan organisasi masyarakat yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI, dan Polri. Dengan gencarnya kegiatan seperti ini, dia berharap target vaksinasi di Kalbar bisa mencapai 70 persen dan mempercepat terwujudnya kekebalan komunal (herd immunity) di Kalbar dan juga nasional,” kata Gubernur Sutarmidji di Pontianak.

Dikatakan Gubernur target pemberian vaksin kepada penduduk  yang berada di suatu wilayah berjumlah minimal 70 persen.

“Namun, saya ingatkan bagi yang sudah divaksin dua kali, jangan merasa tidak akan terpapar. Karena sudah divaksin dan kemudiaan tidak memakai masker lagi. Tetap pakai masker dan patuhi protokol kesehatan,” ujar Suratmidji.

Dijelaskannya, prosedur mengikuti vaksinasi harus dicermati betul. Bagi peserta yang sudah mendaftar secara online, diminta untuk datang sesuai waktu yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerumunan di waktu tertentu.

“Orang yang sudah divaksin tidak akan mengalami hal yang fatal ketika terpapar COVID-19. Risiko terinfeksi dan menularkan virus akan jauh lebih kecil dan bisa cepat sembuh. Vaksin juga berfungsi mendorong kekebalan kelompok dalam masyarakat.

“Itu artinya, orang yang tidak mendapatkan vaksin, seperti bayi yang baru lahir atau penderita kelainan sistem imun, akan mendapatkan perlindungan melalui mereka yang telah divaksin,” ujarnya.

Gubernur juga mengatakan, program vaksinasi merupakan upaya proaktif dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, serta mendukung akselerasi pemulihan kesehatan masyarakat.  Melalui pemberian vaksin, daya tahan tubuh masyarakat akan lebih kuat dalam menangkal virus, sehingga herd immunity bisa dicapai.

Menurut orang nomor satu Kalbar itu, upaya pemulihan kegiatan masyarakat menjadi semakin memungkinkan untuk dilaksanakan apabila terbentuk kekebalan komunal. Dengan begitu, roda perekonomian di Kalbar dapat kembali bergerak, namun tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Dan kepada masyarakat Kalbar yang belum mendapatkan vaksin tidak perlu khawatir, karena tetap akan divaksin. Masyarakat hanya perlu bersabar menunggu ketersediaan vaksin,” tutupnya.

 

Pewarta : Slamet A/Novi M. Humas Pemprov Kalbar.

Editor : Slamet Ardiansyah

Gubernur Kalbar Serahkan Bantuan Rapid Test dan APD ke Kodam XII/Tpr

Lantamal XII Pontianak Turut Berpartisipasi Dalam Kegiatan Vaksinasi Lanud Supadio