in

Ini Tanggapan Anies Soal Pernyataan Biden Jakarta Akan Tenggelam

JAKARTA–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengenai Jakarta akan tenggelam dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut Anies dalam rekaman webinar Ikatan Institut Teknologi Bandung, Selasa (10/8), pernyataan Biden untuk pertobatan pola berpikir (paradigma) Amerika dari pola berpikir di era Presiden Donald Trump.

Dalam pernyataannya itu, Biden sebenarnya sedang mengajak Amerika dan seluruh dunia mengubah paradigma ekonomi agar keberlangsungan ekonomi selaras dengan kelestarian alam.

“Joe Biden sedang mengajak Amerika untuk melakukan yang kami sebut dengan istilah pertobatan paradigmatik. Karena kita tahu posisi Amerika pada beberapa tahun sebelumnya berseberangan sekali,” katanya.

“Ini sejalan dengan salah satu peran utama Joe Biden yang mengkritik habis eranya Trump pada masa kepemimpinan sebelumnya. Trump bisa dibilang meminggirkan pertimbangan ekologis. Menganggap regulasi lingkungan sebagai hambatan pertumbuhan ekonomi,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan pernyataan Biden yang memprediksi Jakarta akan tenggelam sejatinya tidak bisa diartikan secara sederhana.

Indonesia Dipandang Penting

Biden mengajak Amerika dan negara lain mengubah pola berpikir dalam ekonomi. Pernyataannya memberikan tanda bahwa Indonesia menjadi perhatian dari masyarakat internasional dan dianggap penting. Indonesia salah satu tempat yang menunjukkan sehat-tidaknya ekosistem bumi.

Lontaran Biden Jakarta akan tenggelam, bisa dimanfaatkan Indonesia untuk bersuara lantang di forum-forum internasional tentang kepedulian dan komitmen terhadap lingkungan.

“Kami mencoba mendorong kerja sama untuk menciptakan kebijakan lebih hijau di level kota. Untuk memastikan bahwa umat manusia bisa hidup layak, bisa hidup berdampingan dengan alam dan alamnya lestari,” kata Anies.

Dikutip dari situs resmi White House, whitehouse.gov pada Jumat (30/7), Biden mulai membahas isu perubahan iklim. Ia bilang  bagaimana masalah tersebut memiliki dampak berbahaya yang sama terhadap semua negara.

“Tantangan iklim telah mempercepat ketidakstabilan di negara kita sendiri dan di seluruh dunia,” kata Biden.

Peristiwa cuaca ekstrem yang lebih umum dan lebih mematikan, kerawanan pangan dan air serta naiknya permukaan laut, kata Biden, mengakibatkan perubahan iklim dan mendorong migrasi yang lebih besar dan menimbulkan risiko mendasar bagi komunitas yang paling rentan.

Sumber  : siberindo.co

Editor      : Tim Redaksi jaringinfo.com

Perpanjangan PPKM Efektif Turunkan Sebaran Covid-19 di Jawa Timur

Gubernur Sumbar Serahkan Dua Ventilator dari Presiden Untuk RSUD Padang Pariaman