in

Keterbatasan Stok, Wako Edi Kamtono Minta Pusat Terus Dropping Vaksin

Foto : Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau pelaksanaan vaksinasi massal dosis kedua yang digelar PMKRI Pontianak di Lapangan Basket Perbasi. (Foto. ist)

 

Jaringinfo.com PONTIANAK – Program vaksinasi di Kota Pontianak terus bergulir. Data dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak, capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 154.295 orang. Sementara vaksinasi dosis kedua sebanyak 91.113 orang. Adanya selisih jumlah antara vaksin dosis pertama dengan dosis kedua yang terpaut jauh, selain ada yang belum memasuki tempo untuk vaksin dosis kedua, juga terkendala ketersediaan vaksin yang didrop pemerintah pusat ke daerah.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, kendala pelaksanaan program vaksinasi adalah ketersediaan stok vaksin yang terbatas dari pusat. Ia berharap pemerintah pusat terus mendropping vaksin agar pelaksanaan vaksinasi merata.

“Mudah-mudahan dropping vaksin dari pemerintah pusat lancar sehingga kita lebih cepat dan banyak untuk mencapai vaksinasi COVID-19,” ujarnya usai membuka kegiatan vaksinasi massal dosis kedua yang digelar oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Pontianak di Lapangan Basket GOR Perbasi, Jumat (13/8).

Dirinya memaklumi ketersediaan vaksin dari pusat lantaran tergantung dari pasokan impor vaksin sehingga ada keterbatasan. Namun ia yakin ke depan vaksin bakal tersedia banyak dengan semakin banyaknya vaksin yang diproduksi oleh produsen penyedia vaksin.

“Sehingga kebutuhan stok vaksin di daerah kita bisa terpenuhi dan capaian vaksinasi semakin meningkat,” tuturnya.

Edi mengapresiasi inisiasi organisasi kemahasiswaan yang ada di Kota Pontianak, termasuk PMKRI Pontianak, yang menggelar kegiatan vaksinasi massal untuk membantu pemerintah dalam memperluas cakupan vaksinasi. Seperti yang digelar PMKRI untuk vaksinasi dosis kedua bagi 400 warga Kota Pontianak.

“Tentunya saya atas nama Pemerintah Kota Pontianak mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh PMKRI Kota Pontianak untuk mengajak warga dalam mensukseskan vaksinasi COVID-19,” ucapnya.

Ketua Presidium PMKRI Pontianak, Albertus Trio Kusuma menuturkan, kegiatan vaksinasi massal yang digelar hari ini merupakan lanjutan dari vaksinasi dosis pertama yang digelar di tempat yang sama.

“Target kita untuk vaksinasi dosis kedua ini adalah 400 orang sebagaimana jumlah vaksinasi dosis pertama yang digelar sebelumnya,” ungkapnya.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi massal ini sebagai wujud partisipasi PMKRI dalam mensukseskan program vaksinasi. Dengan harapan penyebaran COVID-19 ini bisa terkendali karena dengan semakin banyaknya orang yang divaksin maka herd immunity akan tercapai.

“Kami berupaya agar peserta vaksinasi tidak menumpuk sehingga kita atur sedemikian rupa bagi mereka yang datang ke lokasi pelaksanaan vaksin,” pungkasnya.

 

Sumber : Prokopim Kota Pontianak.

Editor    : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Sambut HUT ke-76 RI, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Nyalakan Petasan di Wilayah Perbatasan

Gelar Operasi Aman Nusa II, Kabaharkam Polri Lakukan Anjangsana ke Polda Kalbar