in

Dankodiklatad Beri Pengarahan Kepada 499 Siswa Komcad Kodam XII/Tpr

Foto : 499 siswa Komponen Cadangan Kodam XII/Tpr mendapat pengarahan dari Dankodiklatad di Aula Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr Singkawang, Kalbar. (Foto ist).

 

Jaringinfo.com Singkawang – Sebanyak 499 siswa Komponen Cadangan (Komcad) Kodam XII/Tanjungpura mendapat pengarahan dari Komandan Kodiklat TNI AD (Dankodiklatad), Letjen TNI A.M Putranto, ketika Jenderal Bintang Tiga itu melakukan kunjungan kerja di Aula Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr ke wilayah Singkawang, Kalimatan Barat.

“Menjadi Komcad bukan untuk mencari pekerjaan, namun harus berdasarkan lahir batin untuk ikut menjaga NKRI ini,” ujar Dankodiklatad di Singkawang, Minggu (15/8/2021).

Para siswa merupakan para sukarelawan di wilayah Kodam XII/Tpr yang saat ini sedang menjalani Latihan Dasar Militer (Latsarmil) guna disiapkan menjadi komponen cadangan matra darat.

“Dan perlu diingat menjadi Komcad harus didasari atas rasa keikhlasan untuk ikut serta dalam membela negara,” kata Letjen TNI A.M Putranto.

Dalam kesempatan itu, Dankodiklatad juga menjelaskan Komcad di wadahi oleh Undang-undang Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

“Bela negara juga diamanatkan dalam Pasal 27 Ayat 3 Undang-undang Dasar 1945 yang menyatakan, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” kata Letjen TNI AM. Putranto.

 

Pewarta  : Slamet Ardiansyah

Editor      : Slamet Ardiansyah

 

Dankodiklatad dan Pangdam XII/Tpr Bagikan 150 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak COVID-19

Dankodiklatad Didampingi Pangdam XII/Tpr Tinjau Latihan Posko I YTP Raider 641/Bru