in

76 Tahun Indonesia Merdeka, Muda Ajak Tidak Kendor Merefleksi Diri

Jaringinfo.com KUBU RAYA – Tahun ini bangsa Indonesia memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan dengan dikepung pandemi COVID-19. Meskipun begitu masyarakat Indonesia khususnya Kubu Raya tidak kendor merefleksikan diri tetapi terus digelorakan, meskipun secara sederhana.

“Upacara bukan hanya sekadar simbolik akan tetapi justru kita harus terus semangat menggelorakan dan membumikan pesan-pesan kemerdekaan itu, yakni pesan totalitas, dedikasi, persatuan, solidaritas, perjuangan dan bahagia di tengah krisis kesehatan,” ujar Muda usai memimpin gelaran Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (17/8/2021) pagi.

Muda menambahkan, tujuan pejuangan memerdekaan republik ini, dahulunya adalah untuk membahagiakan bangsa ini.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat Kubu Raya, ayo kita bersama-sama menunjukan dan memberikan dampak serta kontribusi yang nyata dalam sebuah tindakan terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19,” ajaknya.

Salah satu contohnya tambah Muda adalah mencegah penularan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan serta memvaksin diri.

“Ini juga sebuah bentuk nyata perjuangan dan pengabdian di republik ini. Kita sama-sama buktikan bahwa Kubu Raya meskipun kabupaten termuda di Kalbar bukan hanya menjadi beban bagi republik ini akan tetapi mampu berkontribusi dengan inovasi-inovasinya,” ujarnya.

Kubu Raya memiliki jumlah penduduk lebih dari 600 ribu jiwa dan 175 ribu kepala keluarga yang tersebar di hampir 4 ribu RT,118 desa di 9 kecamatan.

“Semua itu harus tangguh menumbuhkan Indonesia, harus menjadi pemimpin masa depan bagi bangsa ini. Semuanya memang harus sabar dan tenang untuk mencapai cita-cita,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menilai, upacara yang digelar hari ini bukan hanya sekedar simbolik, namun penuh khidmat. Kondisi itu menunjukan masyarakat Kubu Raya ingin menancapkan dan terus membumikan pesan-pesan merdeka.

Di tengah krisis kesehatan saat ini, masyarakat harus membangun pesan solidaritas dan pesan perjuangan yang menghidupkan suasana bahagia.

“Maka di Kubu Raya kita mengingatkan kepada seluruh masyarakat, agar semua dapat sungguh-sungguh bisa memberikan dampak nyata dan kontribusi dari tindakan dan langkah-langkah untuk bisa menghadapi situasi saat ini,” pesan Muda.

Bupati menuturkan, satu tahun setengah republik ini menghadapi pandemi, diperlukan kesabaran, ketenangan dalam upaya konkrit yang nyata seperti mematuhi protokol kesehatan dan saling melindungi orang banyak dengan memvaksinkan diri, sebagai bentuk perjuangan bagi republik ini dan sebuah pengabdian.

“Meski di tengah pandemi COVID-19, kita harus tetap semangat untuk merefleksikan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 ini agar semangatnya tetap menggelora di masyarakat, di seluruh kampung dan diseluruh penjuru Kubu Raya,” kata Muda Mahendrawan.

 

Sumber   : Prokopim Kubu Raya/Syam

Editor      : Tim Redaksi jaringinfo.com

Bupati Sanggau: Maknai Kemerdekaan Sebagai Kekuatan Bersama Hadapi Pandemi COVID-19

Edi Kamtono: Penuhi Banyak Keinginan Orang Tua, Rabu Mulai Pembelajaran Tatap Muka