in

Warga Perbatasan RI-Malaysia Serahkan Sejata Api Lantak Kepada Satgas Pamtas 643

Foto : Kuyak warga Segumun saat menyerahkan sejata api rakitan  jenis Lantak kepada anggota Satgas Pamtas Yonmek 643/ Wns. (Foto ist).

 

Jaringinfo.com SANGGAU – Menjelang HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti Pos Segumun kedatangan Kuyak (48) seorang warga Dusun Segumun, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan  Sekayam, Kabupaten Sanggau yang hendak menyerahkan sepucuk senjata api rakitan jenis Lantak.

“Penyerahan senjata api jenis Lantak ini bermula dari seringnya kegiatan Teritorial Karya Bhakti berupa pelayanan kesehatan, gotong royong pembangunan sarana ibadah, tempat umum dan sosialisasi serta anjangsana yang dilakukan oleh pos Segumun di wilayah binaannya,” kata Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono,  dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau Kalimanatan Barat, Selasa.l (18/8/2021)

Dikatakan Dansatgas, dari hasil kegiatan teritorial yang dilakukan oleh Pos Segumun berupa pengobatan kepada orangtuanya, maka dengan sukarela dan tanpa paksaan Kuyak warga Dusun Segumun, Desa Lubuk Sabuk menyerahkan senjata api rakitan jenis lantak miliknya ke pos Segumun yang diterima oleh Wadanpos Segumun Serda Natalis Ujang.

“Penyerahan senjata api yang kesekian kalinya kepada Satgas Pamtas ini merupakan bukti bahwa masyarakat perbatasan sudah percaya dan merasa aman dengan keberadaan kami selaku Satgas Pamtas,” ujar Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Segumun Letda Inf Ahmad mengatakan senjata api rakitan yang berada di wilayah Segumun kebanyakan adalah digunakan untuk memburu binatang hama seperti babi hutan yang sering mengganggu kebun masyarakat.

“Namun dengan kami melakukan pendekatan teritorial beberapa masyarakat sudah paham akan bahaya memiliki senjata api dan memberikan senjata api rakitannya kepada pos Segumun,” kata Letda Inf Ahmad.

Dikatakannya, ini merupakan berkah dan kado spesial bagi anggota di Pos Segumun.

“Kami menganggap ini sebagai kado spesial, karena bertepatan dengan HUT ke-76 RI ada masyarakat yang memberikan senjata api rakitannya kepada kami sehingga kami merasa terhormat atas kepercayaan masyarakat kepada kami,” ujar Letda Inf Ahmad.

Sementara itu Kuyak mengatakan penyerahan senjata api rakitan miliknya dilakukan secara sukarela dan tanpa paksaan dari siapapun sebagai bentuk ucapan terima kasih atas peran Satgas Pamtas yang telah mengobati orangtuanya dan juga melihat peran Satgas Pamtas yang aktif selalu membantu warga di Dusun Segumun, Desa Lubuk Sabuk.

“Penyerahan senjata api rakitan ini sebagai bentuk hadiah kami kepada Satgas Pamtas menjelang HUT RI ke-76 semoga hal ini dapat di ikuti oleh warga lain yang masih menyimpan senjata api rakitan karena sangat berbahaya apabila disimpan dirumah,” tutupnya.

 

Pewarta  :  Slamet A/Pen Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns.

Editor      : Slamet Ardiansyah.

KJRI Kuching Gelar Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Sarawak

Pangdam XII/Tpr Ikuti Pembukaan Latopsratmin TA 2021 Secara Virtual