in

Satgas Pemtas 643 dan CIQS Amankan Barang Illegal Asal Malaysia

Foto : Patroli Satgas Pamtas Yonif Makanis 643/ Wns bersama CIQS Segumun berhasil mengamankan barang seludupan di perbatasan RI-Malaysia. (Foto ist).

 

Jaringinfo.com SANGGAU – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti bersama Bea Cukai dan Imigrasi (CIQS) Pos Segumun berhasil mengamankan barang ilegal berupa pakaian bekas (Lelong) dan obat-obatan illegal di jalur tidak resmi perbatasan RI-Malaysia yang ada di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.

“Barang ilegal tersebut berupa dua karung lelong dan berbagai merk obat-obatan asal Malaysia itu diamankan  saat patroli Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Pos Segumun dipimpin Danpos Letda Inf Ahmad Siswanto bersama CIQS Segumun di jalur tidak resmi perbatasan wilayah Segumun Kecamatan Sekayam, Rabu (18/8/2021) kemarin,” kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Mako Satgas, Kamis (19/8/2021).

Dijelaskan Dansatgas, jalur tidak resmi perbatasan Indonesia dan Malaysia itu kerap di jadikan para pelaku tindak pidan untuk menyelundupkan barang-barang ilegal ke wilayah Indonesia.

“Upaya penyeludupan digagalkan saat Tim Patroli Pos Segumun bersama CIQS dengan melakukan patroli rutin di perbatasan RI-Malaysia, saat patroli mereka menemukan dua karung pakain bekas (Lelong) dan satu kotak besar berisikan berbagai merk obat-obatan ilegal asal Malaysia, yang ditinggalkan oleh pemiliknya di semak-semak,” ujarnya.

Letkol Inf Hendro Wicaksono mengatakan, sinegritas bersama intansi terkait di wilayah perbatasan akan terus di lakukan, selain untuk memastikan keamanan sepanjang wilayah perbatasan, patroli juga sangat efektif sebagai upaya pencegahan masuknya barang ilegal dan tindakan ilegal lainnya.

“Selain itu keamanan dan ketertiban wilayah perbatasan akan terwujud jika semua komponen bersinergi melakukan upaya pencegahan, pengawasan, dan penegakan hukum terhadap pelaku penyelundupan,” terang Dansatgas

Terpisah Danpos Segumun Letda Inf Ahmad Siswanto menambahakan modus kegiatan ilegal dengan meninggalkan barang bukti di wilayah perbatasan kerap dilakukan para pelaku untuk menghindari penangkapan.

“Kami akan terus rutin berpatroli bersama instansi terkait guna mencegah setiap tindakan ilegal di perbatasan sehingga terciptanya  keamanan di wilayah perbatasan khususnya wilayah Segumun,” kata Danpos Segumun.

Andi Arif salah satu personel Bea Cukai Segumun juga menambahkan, terkait pengamanan barang bukti dua karung pakaian lelong kami amankan di kantor imigrasi untuk kami lakukan pemeriksaan dan untuk obat-obatan di serahkan ke kantor Karantina Kesehatan.

“Kami berterimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns telah membantu kami dalam melaksanakan tugas pokok kami di perbatasan, semoga kedepannya kita bisa lebih besinergi dalam mengamankan wilayah perbatasan,” tutupnya.

 

Pewarta  : Slamet A/Pen Satgas Pamtas 643/Wns

Editor       : Slamet Ardiansyah.

KM Sarana Borneo Tenggelam di Melano, Dua Korban Ditemukan meninggal

Pelajar Asal Kota Pontianak Jadi Pembawa Baki Penurunan Bendera di HUT ke-76 RI