in

Kadiskominfo Kalbar Minta Manfaatkan Konten Digital Dengan Cara Positif

Foto : Diskominfo Kalbar menggelar Webinar dengan tema Konten Kreatif di Website dan Media Sosial Pemerintah secara daring menggunakan aplikasi zoom. (Foto ist)

 

Jaringinfo.com PONTIANAK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalbar menggelar web seminar (Webinar) dengan tema Konten Kreatif di Website dan Media Sosial Pemerintah secara daring menggunakan aplikasi zoom claud meetings, di Command Centre Kalbar Diskominfo Kalbar, Kamis (19/8/2021).

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari dikuti para petugas pengelola informasi Online berbasis web di lingkungan pemerintah Prov kalbar, dengan narasumber Yeniarta Margi Mulya dari Ikatan Pranata Humas (IPRAHUMAS) PC Jawa Timur dan Pimpinan Redaksi Pontianak Post Hariyanto.

Kadis Kominfo Kalbar Samuel SE, M.Si menyampaikan Webinar ini untuk penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Webinar ini untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan dalam mengelola situs website dan Media Sosial Pemerintah, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi publik dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan menyebarluaskan informasi, mengomunikasikan kebijakan pemerintah, rencana kerja, dan capaian kinerja di Perangkat Daerah masing-masing, menampung dan mengolah aspirasi masyarakat, serta membangun kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi pemerintah dengan pembuatan konten kreatif,” kata Samuel SE, M.Si saat membuka Webinar ini dari Ruang Kerja Kadis Kominfo Kalbar.

Dikatakannya, pada dasarnya, informasi merupakan hak setiap manusia. Untuk itu, kita harus segera beradaptasi dengan kebutuhan dan karakter keterbukaan informasi di era yang baru ini.

Karakter informasi pada era komunikasi saat ini berbeda dengan sebelumnya, dimana akan berimplikasi terhadap proses pelayanan informasi dan komunikasi publik yang kita lakukan.

“Saya harap, pola masyarakat juga mengalami perubahan dalam mencari informasi, alat yang digunakan masyarakat ini juga akan semakin canggih dan berbasis teknologi informasi,” harapnya.

Perkembangan media sosial sangat mempengaruhi pembentukan opini publik, maka penting bagi Petugas Pengelola Informasi Online Berbasis Web pada masing-masing Perangkat Daerah untuk menguasai teknik pembuatan konten kreatif untuk menangkis informasi yang negatif di media sosial.

“Mengelola akun media sosial harus memiliki strategi, agar pesan yang disampaikan mudah dipahami dengan konten yang  menarik perhatian masyarakat,” pesannya.

 

Sumber  : Humas Pemprov Kalbar.

Editor     : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Kubu Raya Kembali Masifkan Sebaran Vaksinasi COVID-19

Wagub Kalbar Ajak Masyarakat Peduli Anak Yatim Piatu