in

Kubu Raya Kembali Masifkan Sebaran Vaksinasi COVID-19

Jaringinfo.com KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berpacu  menekan laju penyebaran COBID-19.  Mulai hari ini Kubu Raya kembali melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat.

Bupati Muda Mahendrawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Gedung Serbaguna Kantor Camat Sungai Kakap, Kamis (19/08/2021), optimis program ini dapat berjalan dengan baik seperti sebelumnya.

“Mudah-mudahan ini nanti bisa maksimal, hari ini dimulai dari Kecamatan Sungai Kakap, selanjutnya sebaran di masing-masing titik, ada sekitar 50 sampai 60 titik  yang akan diadakan untuk vaksin pertama. Jadwalnya sedang disusun untuk desa-desa selanjutnya,” tutur Muda.

Muda berharap, kedepan Satgas COVID-19 Desa melalui Kepala Desa dan RT lebih aktif untuk mendata warganya sesuai urutan usia dan kuota untuk efektifitas pelaksanaan dan meminimalkan kesalahan data di kartu vaksin.

“Jadi, begitu masyarakat datang nakes tinggal kerja, skrining langsung vaksin, tidak perlu isi data-data lagi, sehingga waktu pelaksanaan vaksinasi bisa lebih cepat dan lancar,” ujarnya.

Muda menuturkan hal ini sudah mulai dilakukan di desa-desa, supaya sebaran kekebalan lebih merata dan lebih bisa diprioritaskan untuk zona-zona yang beresiko tinggi, seperti  Kecamatan Sungai Kakap yang berada di jalur-jalur yang terbuka, hinterlad batas kota, dan nanti akan dilihat lagi positif rate beberapa bulan ini.

“Semuanya kita lakukan dengan kerja yang terukur, supaya lebih efektif,” katanya.

Muda menambahkan  program vaksinasi  ini nantinya akan terus dilakukan disemua kecamatan, namun akan lebih dimasifkan di 17 desa,  sambil menunggu  ketersediaan vaksin yang datangnya bertahap.

“Kalau vaksinnya semua sudah ada bisa diadakan di puskesmas-puskesmas setiap saat, namun vaksin datangnya bertahap jadi harus kita datangi supaya sebarannya lebih merata,” terangnya.

Sementara itu, menyikapi Kubu Raya yang statusnya sudah menurun ke zona oranye, Muda menyatakan hal ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak.

“Jumlah penurunan cukup signifikan, menurun 50 sampai 60 persen, itu menunjukkan tingkat prokes masyarakat semakin baik,” tuturnya.

Selain itu menurut  Muda, vaksinasi mempunyai dampak yang besar untuk menekan tingkat ketertularan dan resiko tingkat menularkan juga kecil.

“Kita yakin masyarakat sudah memahami bahwa vaksinasi ini adalah upaya percepatan untuk membuat kondisi pandemi ini bisa terkendali dan menurunkan resiko penularan. Kondisi saat ini, semangat kita adalah semangat merdeka dari pandemi,” pungkasnya.

Sumber  : Prokopim Kubu Raya

Editor     : Tim Redaksi jaringinfo.com

POGI Kalbar Gelar Vaksinasi Bagi Ibu Hamil di Pontianak

Kadiskominfo Kalbar Minta Manfaatkan Konten Digital Dengan Cara Positif