in

Bupati KKU : Pemantauan Orang Asing Perlu Perhatian Semua Pihak

Jaringinfo.com SUKADANA–Dengan adanya Destinasi Wisata di Kayong Utara, maka sangat diperlukan adanya pengawasan terhadap orang asing baik itu dari tingkat Kabupaten maupun sampai tingkat Kecamatan, hal ini guna untuk mengawasi dan memantau keberadaan serta kegiatan orang asing selama berada di daerah Kayong Utara.

Hal ini disampaikan Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani pada saat membuka kegiatan Sosialisasi Tim Pengeawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kabupaten Kayong Utara di Aula Istana Rakyat (Pendopo Bupati), Kamis (26/8/2021).

Bupati Citra juga mengatakan keberadaan orang asing perlu mendapat perhatian oleh semua pihak serta harus adanya koordinasi dari dinas terkait dengan Tim Pora tentang keberadaan dan kegiatan yang akan dilakukan orang asing selama berada di wilayah hukum Indonesia.

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa keberadaan warga negara asing yang melakukan berbagai kegiatan di wilayah hukum Indonesia ini perlu mendapat perhatian oleh semua pihak, oleh karena itu koordinasi antara instansi terkait dengan Tim Pora dalam hal pengawasan kegiatan orang asing tersebut harus dilakukan dengan baik sehingga kita bisa leluasa dalam hal melakukan pengawasan terhadap orang asing tersebut,” ucap Bupati.

Kemudian Bupati Citra juga mengungkapkan bahwa sejak terbentuknya Tim Pora di Kayong Utara, Pemerintah Daerah Kayong Utara sudah memfungsikan Tim Pora untuk melakukan pengawasan terhadap keberadaan orang asing.

“Sejak terbentuknya Tim Pora di Kayong Utara, Pemerintah Daerah telah memfungsikannya untuk melakukan pengawasan terhadap keberadaan orang asing, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kedatangan warga negara asing di Kayong Utara ini cukup banyak sehingga perlu dipantau dan diawasi kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan di Kayong Utara ini,” ungkap Bupati.

Selama keberadaan orang asing di Kayong Utara, Bupati Citra menjelaskan bahwa WNA yang berkunjung tersebut banyak mahasiswa yang melakukan berbagai penelitian untuk menyelesaikan studynya serta WNA yang datang berkunjung ke Klinik Asri. Tutur Bupati

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kayong Utara tersebut juga turut dihadiri oleh narasumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Staf Imigrasi Kelas III Non TPI Ketapang serta diikuti oleh Tim Pora Kayong Utara.

 

Sumber  : Prokopim Kabupaten Kayong Utara.

Editor      : Tim Redaksi jaringinfo.com

Kodim 1207/Pontianak Raih Juara Satu Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-111 TA. 2021

Gubernur Sutarmidji : Pemimpin Harus Memiliki Jiwa Inovasi