in

Wabup Kayong Utara Ingatkan Para Kades Terus Beri Pemahaman Kepada Masyarakat

Foto : Wabup Kayong Utara Effendi Ahmad,  menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 102 Tahun 2019 Tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan di Aula Hotel Mahkota Kayong Sukadana. (Foto ist)

 

Jaringinfo.com SUKADANA–Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad,  menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 102 Tahun 2019 Tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan di Aula Hotel Mahkota Kayong Sukadana, pada Rabu (25/8/2021).

Pada kesempatan ini, Wabup Effendi menginginkan agar para Kepala Desa dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar memiliki kesadaran untuk memiliki identitas kependudukan berupa e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Selain itu, Wabup Effendi juga berpesan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kayong Utara turun langsung ke desa-desa untuk melakukan perekaman data.

“Saya menitip pesan kepada kawan-kawan yang ada di Dinas Dukcapil agar menjemput bola turun ke desa terutama desa-desa yang berada di Kecamatan Kepulauan Karimata dan Pulau Maya karena bagi masyarakat yang berada di daerah Kepuluan tersebut untuk pergi merekam data di Sukadana mereka harus mengeluarkan biaya kurang lebih lima ratus ribu rupiah untuk biaya transportasi dan penginapannya, sehingga bagi yang tidak mampu mereka terpaksa untuk tidak memiliki kartu identitas tersebut,” ucap Wabup.

Kemudian Wabup Effendi berharap diakhir masa jabatannya 2023 mendatang, seluruh masyarakat Kayong Utara sudah memiliki kartu identitas.

“Hapan saya diakhir masa jabatan kami tahun 2023 nanti, tidak ada lagi masyarakat Kayong Utara yang tidak mememiliki KTP, KK dan KIA bahkan sampai ke Akta Kelahiran karena ini sangat penting, untuk membuat Paspor saja salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yaitu Akta Kelahiran sehingga Identitas tersebut harus dimiliki oleh semua masyarakat Kayong Utara,” tutur Effendi.

Selanjutnya terkait beberapa program yang ada di Dinas Dukcapil, Wabup juga menginginkan agar Dinas Dukcapil tersebut terus melakukan impropisasi perbaikan, karena kedepan semua program yang akan direncanakan harus lebih baik dari sebelumnya serta dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat. Tutup Wabup.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Dukcapil Kayong Utara tersebut juga dihadiri narasumber dari Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat Mariati, SH,MT, Kepala Dinas Dukcapil Kayong Utara dan diikuti oleh Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Kayong Utara.

 

 

Sumber : Prokopim Kabupaten Kayong Utara.

Editor    : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Lantamal XII Turut Berpartisipasi Dukung Serbuan Vaksin di Mega Mall Pontianak

Kodam XII/Tpr Kembali Harum, Empat Satuan Juarai LKJ TMMD ke-111