in

Kejati Kalbar Tangkap Pelaku Tipikor Pengadaan Sarana di AKUB-GAK

Foto : Anti korupsi. jpg.

Jaringinfo.com PONTIANAK – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat Jumat (27/08/2021) berhasil menangkap  Heronimus Tiro, pelaku terpidana perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)  pengadaan sarana prasarana pembelajaran, dan laboratorium komputer pada Akademi Keuangan dan Perbankan Graha Artha Khatulistiwa (AKUB-GAK) 2010, yang sempat menjadi buronan selama delapan tahun.

Heronimus Tiro sebelumnya sempat melarikan diri ke Kabupaten Sambas. Kejati sendiri terakhir mengetahui terpidana tersebut sempat bekerja sebagai HRD di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sambas.

“Kasus ini sebelumnya diselidiki oleh Polresta Pontianak. Saat itu terdapat tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka,” kata Kasi Penkum Kejati Kalbar, Pantja Edy Setiawan, Sabtu (28/08/2021).

Kasi Pemkum itu menjelaskan hanya dua orang yang menjalani putusan hukuman. Sementara Heronimus Tiro mengajukan kasasi di Pengadilan.

“Pelaku kita masukkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) karena pelaku ini setelah putus satu tahun penjara, denda Rp75 juta dan uang pengganti Rp32 juta, terpidana justru tidak menghadiri panggilan,” ungkap Pantja.

Pantja menyebutkan, Heronimus Tiro merupakan terpidana perkara tindak pidana korupsi pengadaan sarana prasarana itu dengan uang yang dikorupsinya sebesar Rp75 juta, bersumber dari Dana Hibah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Di tempat yang sama, Kepala Kejati Kalbar, Masyhudi menegaskan selama delapan bulan ini, pihaknya telah menangkap setidaknya delapan orang DPO yang masuk dalam prioritas Kejati Kalbar. Artinya, hingga saat ini masih tersisa 14 DPO lagi yang terus diselidiki keberadaannya.

“Saya tegaskan, bahwa tidak ada tempat yang aman, dan nyaman bagi pelaku kejahatan maupun DPO. Ini hanya soal waktu,” tegasnya.

 

Pewarta  : Slamet Ardiansyah.

Editor      : Slamet Ardiansyah.

Kapolri Serahkan Oksigen Generator Bantu Penanganan Covid-19 di Papua

Penyintas COVID-19 Dapat Mendonorkan Darah Dengan Syarat Tertentu