in

Tim Penggerak PKK Kalimantan Barat Gelar Donor Darah

Jaringinfo.com PONTIANAK – Ketua Tim Penggerak Program    Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, membuka acara Donor Darah dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Sekretariat TP PKK, Jalan Letjen Sutoyo Pontianak, Kamis (26/8/2021).

Acara ini diselenggarakan POKJA IV bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak, dan Perhimpunan Orang tua Penderita Thalasemia Indonesia Kalimantan Barat. Turut hadir Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji,  bersama Direktur Utama Bank Kalbar,  Samsir Ismail.

Ny. Hj. Lismaryani mengatakan, kegiatan donor darah ini bermaksud untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan darah. Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap delapan detik ada satu orang yang membutuhkan donor darah di Indonesia.

“Dan Indonesia kekurangan 500.000 kantong darah. Hal ini dikarenakan partisipasi masyarakat untuk menjadi donor masih kurang. Dengan kondisi seperti inilah, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat berinisiatif melakukan kegiatan ini,” ujar Ny. Hj. Lismaryani.

Lebih lanjut dia mengatakan, orang yang melakukan donor darah selalu memiliki nilai sosial ke masyarakat. Dengan mendonorkan darah, pendonor akan mendapatkan manfaat yang besar.

“Orang yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat bagi diri sendiri, yakni meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, dan dengan menyumbangkan 500 ml darah, maka pendonor melepaskan 650 kalori, dan ini sangat baik untuk menjaga berat badan,” papar wanita nomor satu di Kalbar ini.

Ny. Hj. Lismaryani memberikan apresiasi kepada seluruh pendonor yang sukarela mendonorkan darahnya. Sebab dengan mendonorkan darah pada acara hari ini, setiap pendonor turut membantu ketersediaan kantong darah bagi orang-orang yang membutuhkan.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh pendonor yang sukarela menyumbangkan darahnya kepada saudara kita yang membutuhkan, dan harapan saya kegiatan donor darah pada hari ini berjalan lancar, serta akan mengumpulkan banyak kantong darah yang diperlukan oleh saudara kita,” pungkas dia.

 

Sumber  : Humas Pemprov Kalbar.

Balai Karantina Pertanian Pontianak Musnahkan Barang Impor masuk ke Kalbar

Kapolri Serahkan Oksigen Generator Bantu Penanganan Covid-19 di Papua