in

Satgas Pamtas 643/Wns Tolong Warga Yang Mengalami Kecelakaan Kerja

Jaringinfo.com SAMBAS – Personil Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns memberikan pertolongan dengan memberikan pengobatan kepada Anes (53) warga kampung Trans Dusun Sebunga, Desa Beruang, kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas yang mengalami luka akibat kecelakaan kerja, yaitu terkena parang pada kakinya mengakibatkan luka robek.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau pada Senin (30/08/2021).

“Kejadian tersebut bermula ketika Anes sedang melakukan pembersihan sekitar pohon sawit menggunakan parang secara tidak sengaja mengenai kakinya. Dikarenakan luka robek yang cukup dalam Anes di antar ke pos Berjongkong untuk meminta pertolongan medis,”ujar Dansatgas.

Setelah menerima kedatangan Anes, Tamtama Kesehatan pos Berjongkong Prada W. Laila memberikan penanganan medis dengan membersihkan luka, dilanjutkan menyuntikkan obat bius guna tindakan penutupan luka dengan cara menjahitnya.

“Tindakan medis membantu masyarakat ini adalah bagian dari kerja sosial Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns disamping tugas pokok mengamankan wilayah NKRI, kegiatan-kegiatan seperti ini juga sudah sering kali diberikan ke masyarakat,” kata Dansatgas.

Dikatakanya, tolong menolong adalah sifat dasar manusia yang seharusnya selalu dikedepankan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak perlu menunggu apabila ada yang kesusahan harus cepat membantu.

Danpos Berjongkong Letda Inf M. Aris mengatakan tugas pokok prajurit Satgas bukan hanya menjaga keamanan di wilayah perbatasan, namun juga harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar, salah satunya dalam bentuk pelayanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan, terutama yang berada di sekitar Pos Satgas.

“Kami dari Satgas Pamtas memiliki kewajiban untuk menjaga perbatasan, tapi dalam keseharian kami juga memiliki kewajiban untuk membantu warga, terutama yang sifatnya gawat darurat, seperti yang dilakukan personil kami di Pos Berjongkong, kami berharap agar kedepan, sinergitas antara TNI dan masyarakat setempat bisa terus dijaga dan dikembangkan, agar bisa saling mendukung dalam kegiatan mereka sehari-hari,” ujar Danpos.

Sementara itu Anes mengucapkan banyak terima kasih atas pertolongan yang telah diberikan personel Satgas Pamtas terhadap dirinya sehingga bisa cepat tertangani dan tidak perlu jauh-jauh ke Puskesmas.

“Semoga Tuhan  memberikan berkat kesehatan dan kesuksesan bagi personel Satgas selama menjalankan penugasan disini, “ujar Anes.

 

 

Sumber    : Pen Satgas Pamtas 643.

Editor       : Slamet Ardiansyah.

Alami Perubahan, Legislatif dan Eksekutif Sepakati Perubahan APBD 2021 Menjadi Rp 1,85 Triliun

Polsek Mempawah Timur Patroli Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Antibar