in

Lantamal XII Kembali Terjunkan Tim Vaksinator Dukung Kegiatan di Pondok Nelayan

Jaringinfo.com PONTIANAK – Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Selasa (31/08/2021), mengatakan sehubungan dengan pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat maritim di Kalimantan Barat, yang dilaksanakan di Restoran Pondok Nelayan Jl. Gajah Mada No 46 Pontianak Kalbar, Lantamal kembali memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) Heru Subagyo, selaku Dansatgas Penanggulangan COVID-19, menurunkan 1 Tim Vaksinator Diskes Lantamal XII untuk bersinergi dengan Tim Vaksinator dari unsur Forkopimda Kalbar.

Kegiatan Serbuan Vaksin ini, dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB  sampai dengan 14.00 WIB dan dikhususkan bagi masyarakat yang telah memperoleh vaksinasi tahap pertama.  Adapun rangkaian kegiatan didahului dengan peserta vaksinasi dilakukan tes suhu dan tensi darah. Selanjutnya dilakukan screening kesehatan oleh tim vaksinasi.

Peserta memberikan informasi terkait kondisi kesehatan terkini dan Tim Vaksinasi memberikan pertanyaan terkait riwayat kesehatan peserta dan apabila dinyatakan sehat dan memungkinkan maka selanjutnya dapat dilakukan Vaksinasi. Masyarakat umum yang telah melaksanakan vaksinasi selanjutnya akan di observasi selama ± 30 menit, apabila selama observasi tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi  (KIPI), maka peserta akan menerima Kartu Vaksinasi.

“Manfaat vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya mencegah penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh Anda pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.  Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi”.  Selain itu juga bahwa Vaksin tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit. Selain itu Pemberian vaksin terbukti dapat menurunkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit yang dapat mengakibatkan kematian maupun kecacatan,

Dan, Pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat suatu penyakit,  Demikian ungkap Dansatgas Penanggulangan COVID-19, Lantamal XII saat dimintai keterangan sehubungan dengan manfaat vaksin COVID-19.

Dalam pelaksanaan Serbuan Vaksin ini panitia penyelenggara menyiapkan Vaksin jenis Sinovac untuk Vaksinasi Tahap ke-2. Sejumlah 500 Vial.   Adapun Tim Gabungan Vaksinator terdiri 1 Tim Vaksinator dari Diskes Lantamal yang dipimpin oleh Letda Laut (K) Syahyunan Hasibuan, dan 2 Tim Vaksinator dari Kesdam XII TPR yang dipimpin oleh Kapten CKM Iin Surain, serta 1 Tim dari Kodim 1207/Pontianak dipimpin oleh Letda Inf Lukas.

 

Sumber/Edotor: Dispen Lantamal XII Koarmada.

Pastikan Kemampuan Satuan, Pangdam XII/Tpr Tinjau Latbakjakrat Terintegrasi YTP Yonif R 641/Bru

Gubernur Kalbar Berharap Harga RT-PCR Bisa Lebih Murah