in

Danrem 121/Abw sebagai Inspektur Upacara pemakaman almarhum Serda Abrosius.

Jaringinfo.com SINTANG – Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny memimpin upacara pemakaman secara militer terhadap Almarhum Sertu anumerta Abrosius di Tempat Pemakaman Taman Makam Pahlawan (TMP)  Kusumalaya Kacamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang,  Minggu (05/09/2021).

Almarhum merupakan salah satu yang menjadi korban serangan Kelompok Sparatis Teroris (KST) di Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, pada hari Kamis 02/09/2021 dini hari waktu setempat.

Prosesi pemakaman itu sendiri tetap mengikuti standar protokol kesehatan, untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19. Dalam Prosedur Tetap (Protap) Upacara Pemakaman Militer pasukannya terbatas jumlahnya dan tetap menjaga jarak.

“Saya Danrem 121/Abw atas nama Negara, Bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke Persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa Almarhum. Nama Abrosius Pangkat Sertu Anumerta Jabatan /Kesatuan Denma Brigif 22/Ota/Manasa, Kodam XIII/Merdeka, Provinsi Gorontalo,”kata Brigjen TNI Ronny saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) dan membacakan Apel Persada di depan pusara  Sertu anumerta Abrosius

Lebih lanjut, Almarhum yang telah gugur dalam melaksanakan tugas demi kepentingan serta keluhuran Negara dan Bangsa pada hari Kamis tanggal 2 September 2021 pukul 03.00 WITA di Papua Barat.

“Sebagai wujud penghormatan terakhir dan bela sungkawa atas meninggalnya almarhum Sertu Abrosius dilaksanakan upacara secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumalaya di Ketungau Tengah,” ungkap Danrem.

Negara juga memberikan penghormatan dan penghargaan atas jasa, Dharma Bhakti dan pengabdiannya,  Almarhum kepada negara dan bangsa dan diberikan kenaikan pangkat Luar biasa satu tingkat lebih tinggi dari Serda ke Sertu Anumerta NOMOR KEP/791/IX/2021 TANGGAL 3 SEPTEMBER 2021.

Kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi kita semua, khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan, namun sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaan Nya. Kita harus dapat menerima secara ikhlas, karena kepergian almarhum sudah keputusan dan kehendak Nya.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya selaku inspektur upacara dan Komandan Korem 121/Abw Turut belasungkawa yang sedalam – dalamnya atas gugurnya Almarhum, seraya memanjatkan doa, Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan ketabahan, kesabaran, dan keikhlasan kepada keluarga yang ditinggalkannya,” tutur Danrem.

Danrem juga mengatakan, dengan kepergian almarhum,kita semua telah kehilangan seorang anak bangsa terbaik yang selalu memegang teguh setiap prinsip prinsip perjuangan, setia kepada negara Kesatuan Republika Indonesia

dan telah bekerja keras dalam mengemban setiap tugas negara yang menjadi tanggung jawabnya.

“Tentu semua yang dilakukan almarhum semasa hidupnya terutama yang dilakukan almarhum penuh semangat dan iklas dapat menjadikan contoh bagi kita semua yang masih hidup dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.” Pungkas Danrem.

Turut hadir Danrem 121/Abw, Kasrem 121/Abw Kolonel Kav Aloysius, perwakilan Kodam XIII/ Merdeka Kolonel Chb M. Taufik, perwakilan  PT Asabri ibu Wiwik, Bupati Sintang yang di wakili Asisten I, Wakil ketua DPRD kabupaten Sintang, anggota DPRD kabupaten Sintang, Dandenpom 1/XII Sintang, Dandenbekang Sintang. Forkopicam kec. Ketungau Tengah, pihak keluarga, toga, Tomas Toga.

 

Sumber   : Penrem 121/Abw.

Editor      : Tim Redaksi jaringinfo.com

Gubernur Kalbar Hadiri Diskusi dan Uji Publik Digelar Webinar

Produsen Oksigen dan RS Darurat Covid-19 Apresiasi Keandalan Listrik PLN