in

SDM Berkualitas, Dukung Pembangunan Pertanian Kalbar

Jaringinfo.com PONTIANAK – Sumber Daya Manusia Pertanian  yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung terlaksananya  program utama Kementerian Pertanian dalam mensukseskan pembangunan pertanian.

“Pendidikan dan Pelatihan bagi penyuluh dan petani harus diberikan untuk meningkatkan kompetensi SDM pertanian kita,” ujar Florentinus Anum Kepala  Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar saat membuka secara resmi Diklat Aparatur dan Non Aparatur (Petani ) angkatan II tahun 2021 di Diklat Anjungan, (6/9).

Ia menjelaskan bahwa keberadaan para penyuluh pertanian dan petani sangat vital dalam mewujudkan pencapaian swasembada pangan. Hal itu tentu melalui  penerapan teknologi pertanian yang direkomendasikan dalam membantu petani meningkatkan keterampilan teknis, pengetahuan, mengembangkan perubahan sikap yang lebih positif dan membangun kemandirian dalam mengelola lahan pertanian.

“Untuk itu  Diklat Anjungan Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar sangat penting keberadaannya  dalam menghasilkan SDM Pertanian yang mampu mengembangkan dan menyerap ilmu pengetahuan serta  teknologi dari berbagai sumber, dan mampu mengembangkan pengelolaan sumberdaya yang ada ke arah agribisnis dengan tetap memperhatikan fungsi, alih teknologi dan pemasyarakatan,” jelas dia.

Ia berharap kegiatan Diklat aparatur dan non aparatur (Petani ) angkatan II tahun 2021  tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan menerapkan azas efisiensi, efektifitas dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan kompetensi SDM pertanian.

“Pada kesempatan ini juga mari kita bersama-sama mengembangkan lembaga kita ini agar keberadaanya lebih dirasakan oleh Penyuluh dan Petani maupun masyarakat di Kalbar. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatiannya dalam mendukung aktivitas Diklat Anjungan Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian harapan saya dukungan tersebut diberikan pula untuk dimasa-masa yang akan datang,” pungkas Anum.

 

Sumber  : Humas Pemprov Kalbar.

Editor     : Tim Redaksi jaringinfo.com

Antisipasi Dampak La Nina Dinas TPH Kalbar Lakukan Sejumlah Langkah

Temui Wabup, Pihak Perusahaan Siap Bangun Kembali Dermaga Rusak