in

KJRI Kuching kembali bantu pemulangan 13 WNI kondisi khusus

Jaringinfo.com KUCHING – KJRI Kuching hari ini Kamis tanggal 9 September 2021 kembali bantu pemulangan/repatriasi ke Indonesia sebanyak 13 orang WNI/PMI kondisi khusus termasuk dua anak-anak masih balita melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Diantara WNI/PMI kondisi khusus yang dipulangkan tersebut terdapat seorang WNI atas nama Yasintus Anoid (33), asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, yang mempunyai masalah kesehatan mental dan terlantar di Kota Sibu,” kata Kepala KJRI Kuching, Yonny Tri Prayitno melalui telpon seluler, Jumat (10/09/2021).

Yonny mengatakan, yang bersangkutan  sempat ditampung di sebuah gereja di kota Sibu. Melalui koordinasi antara pihak Gereja dan KJRI Kuching, pada tanggal 24 Agustus 2021 yang bersangkutan diantar dan diserahkan oleh pihak Gereja Sibu kepada KJRI Kuching untuk dibantu pemulangan ke Indonesia.

Bersamaan dengan itu juga dipulangkan 12 WNI/PMI kondisi khusus lainnya diantaranya lima orang WNI/PMI-Bermasalah yang diserahkan oleh pihak Immigresen Sibu dan dua orang WNI/PMI kondisi khusus yang selesai perawatan dan diserahkan ke KJRI Kuching oleh Rumah Sakit Umum Sarawak, Kuching.

“Ke tiga orang WNI yang terlantar sudah tidak mempunyai  pekerjaan di Sarawak beserta dua orang anak balita,” ujar Yonny.

Ia menambahkan, ke-13 orang WNI/PMI kondisi khusus tersebut sebelumnya ditampung di Rumah Perlindungan (Shelter) KJRI Kuching sambil menunggu proses penyelesaian dokumen perjalanan mereka. Sehari sebelum keberangkatan pemulangan, mereka melakukan test Covid 19 di RS KPJ Kuching dengan hasil negatif.

“Proses pemulangan 13 WNI/PMI kondisi khusus tersebut melalui PLBN Entikong berjalan lancar. Mereka diterima oleh Satgas pemulangan WNI/PMI PLBN Entikong. Selanjutnya mereka akan menjalani proses pencegahan Covid 19 sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing,” tutupnya.

 

Pewarta   : Slamet A.

Editor        : Slamet Ardiansyah.

Pangdam XII/Tpr Sambut Kedatangan Pelaku Pasca YTP Yonif R 641/Bru

Danrem 121/Abw Berikan Pembekalan Kepada Pasis Dikreg LXI Seskoad Ta 2021