in ,

KJRI Kuching Bantu Pemulangan Dua WNI karena sakit

Foto : Proses pemulangan kedua WNI/PMI karena sakit oleh pihak KJRI Kuching melalui PLBN Aruk, Kabupaten Sambas Kalbar. (Foto ist).

 

Jaringinfo.com KUCHING – Melalui keterangan persnya, Kepala Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Yonny Tri Prayitno menyebutkan pihaknya berhasil membantu pemulangan dua orang Warga Negara Indonesia/Pekerja Migran Indonesia karena dalam kondisi sakit, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat.

“Kami kemarin pada hari Rabu tanggal 15 September 2021 KJRI Kuching membantu pemulangan dua orang WNI/PMI yang dalam kondisi sakit melalui PLBN Aruk,” kata Kepala KJRI Kuching Yonny Tri Prayitno melalui via telpon seluler, Rabu malam (15/09/2021).

Yonny mengatakan, ke dua WNI/PMI yang dipulangkan yakni atas nama Abu Hatayus (laki) asal Kabupaten Bengkayang, Kalbar.

“Atas laporan dari Rumah Sakit Umum Sarawak di Kuching, yang bersangkutan dirawat di rumah sakit tersebut karena sakit stroke,” kata Yonny.

Ia menambahkan, sebelumnya yang bersangkutan sebagai pasien tidak dikenal di RSU Sarawak, kemudian oleh pihak  Rumah Sakit dan meminta bantuan KJRI Kuching untuk pengecekan identitas yang bersangkutan yang diduga sebagai WNI.

“Setelah teridentifikasi sebagai WNI, pihak Rumah Sakit memohon bantuan kami dari KJRI Kuching untuk pemulangan ke Indonesia guna perawatan lebih lanjut,” katanya.

Kemudian seorang lagi WNI/PMI kondisi khusus yang dipulangkan atas nama Edimin (laki) warga Kota Singkawang, Kalbar. Yang bersangkutan  meminta bantuan KJRI Kuching untuk pemulangan karena kondisi sakit darah tinggi, kaki bengkak dan tetanus. KJRI Kuching juga  membantu proses penyelesaian dokumen perjalanan kedua WNI kondisi khusus tersebut.

Menurut Yonny, proses pemulangan kedua WNI/PMI tersebut berjalan lancar. Sebelum pemulangan, mereka telah melaksanakan test COVID-19 di Rumah Sakit tersebut dengan hasil negatif.

“Di PLBN Aruk mereka diterima oleh Satgas Pemulangan PMI  dan KKP PLBN Aruk. Kedua WNI/PMI tersebut akan menjalani proses pencegahan COVID- 19 sebelum dibawa ke Rumah Sakit untuk perawatan lebih lanjut,” pungkasnya.

 

Pewarta   : Slamet A.

Editor       :  Slamet Ardiansyah.

Edi Kamtono Dorong Pelaku UMKM Bangkitkan Ekonomi

Sinergi Bangun Negeri, Kodam XII/Tpr Gelar TMMD ke-112