in

Wakil Bupati Sanggau Sambut Kedatangan Menteri Perhubungan di PLBN Entikong

Jaringinfo.com SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, bersama Forkompimda menyambut kedatangan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam rangka peninjauan kesiapan penanganan kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Warga Negara Asing (WNA) di Wilayah Perbatasan Entikong, Minggu (19/9/2021).

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota Komisi V DPR RI, Lasarus, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan beserta rombongan.

 

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa dalam kesempatan tersebut dirinya melakukan evaluasi terkait persiapan penyambutan kedatangan PMI dan WNA yang masuk ke Indonesia melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

 

“Kami datang di PLBN Entikong ini secara khusus atas perintah Presiden untuk memastikan lintas batas baik melalui udara, darat dan laut dapat berjalan dengan baik termasuk di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat ini,” ujar Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

 

Pemerintah Indonesia, lanjut Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi bahwa harus mampu mendata jumlah PMI dan WNA yang melintas batas dengan kualifikasi kesehatan mereka dengan baik.

 

“Hal tersebut dilakukan karena kita tidak ingin adanya varian baru COVID-19 yakni MU dan Lambda SARS Cov-2 dan pemerintah Indonesia tidak ingin masyarakat terpapar jenis varian baru tersebut,” tegasnya.

 

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi juga katakan pengawalan ketat pemulangan PMI itu sangat perlu dilakukan mulai dari pintu masuk hinga ke tempat asal para PMI tersebut.

 

“Karena dari hasil temuan beberapa PMI yang pulang dari negara tetangga ke negara kita (Indonesia), kebanyakan dari PMI itu tidak memiliki hasil tes Antigen dan Test PCR. Sehingga mereka-mereka yang tidak memiliki data PCR dan Antigen maka di PLBN langsung berikan mereka pelayanan PCR dan Antigen, agar dapat diketahui apakah mereka negatif atau positif COVID-19,” tuturnya.

 

 

Sumber  : Diskominfo Sanggau.

Editor    : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Waterfront Sungai Kapuas Diharapkan Dongkrak Perekonomian

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Dukung Kegiatan Ritual Budaya Mandi Safar di Perbatasan