in

Hadiri Acara Ritual Paradje’ Pasaka Negeri XIII, Ini Pesan Bupati Sanggau

Jaringinfo.com SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, hadir dalam kegiatan Ritual Paradje’ Pasaka Negeri XIII Tahun 2021, bertempat di Keraton Surya Negara Sanggau, Senin (20/09/2021).

 

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, sekaligus selaku Ketua DAD Kabupaten Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, Gusti Arman beserta istri, Forkompimda, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina,  para organisasi kemasyarakatan, Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

 

Bupati Sanggau, Paolus Hadi ketika diwawancarai menyampaikan bahwa Festival Budaya Paradje’ Pasaka Negeri ini merupakan agenda tahunan yang selalu rutin dilaksanakan.

 

“Karena situasi masih pandemi Covid-19, jadi kita hanya melaksanakan Ritual Paradje’ saja, yaitu ritual pembacaan doa untuk membersih dari hal-hal yang buruk di daerah kita ini. Saat ini bertepatan juga dengan kita sedang melawan pandemi Covid-19, sehingga kegiatan ini sangat tepat sekali, agar di daerah kita terhindar dari Covid-19,” kata PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

 

“Untuk itu, yang dimana tadi saya sudah katakan kepada masyarakat agar kita selalu berdoa agar ke depan kita bisa terbiasa hidup bersama virus tersebut dengan istilah endemi.” lanjut Bupati, Paolus Hadi.

 

“Untuk itulah, kita harus menjaga imun tubuh kita dan pastikan juga sudah di vaksinasi. Nah, kita terus akan kejar itu dan tentunya doa-doa yang dilakukan secara adat istiadat ini sangat membantu dan itu merupakan sebuah tradisi yang mulia. Kegiatan ini merupakan agenda rutin pemerintah daerah bersama organisasi masyarakat yang akan terus kita laksanakan,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Pangeran Ratu Surya Negara, H. Gusti Arman menyampaikan bahwa pada hari ini kita melaksanakan Ritual Paradje’ Pasaka Negeri XIII.

 

“Ini merupakan salah satu ritual untuk pembersih negeri. Artinya pembersih negeri ini untuk dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, baik itu bersifat wabah penyakit seperti yang kita hadapi sekarang ini yaitu Pandemi Covid-19,” kata Pangeran Ratu Surya Negara, H. Gusti Arman.

 

“Dengan melaksanakan Ritual Paradje’ ini kita berharap Covid-19 akan hilang dan akan punah di Kabupaten Sanggau,” tambahnya.

 

Sumber  : Diskominfo Sanggau.

Editor    : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Kasdam XII/Tpr Pimpin Sertijab Komandan Batalyon Armed 16/Komposit

Reformasi Birokrasi Percepat Pelayanan Publik, Pemkot Pontianak Tindaklanjuti Evaluasi SAKIP dan RB