in

34 Pemuda Kalbar Lulus Tes Pantukhir Penerimaan Caba dan Catam TNI AL

Jaringinfo.com PONTIANAK – Sebanyak 34 orang pemuda terbaik Kalimantan Barat dinyatakan lulus pada tahapan tes Pemantaua Akhir (Pantukhir) daerah pada penerimaan Calon Bintara (Caba) dan Calon Tamtama (Catam) TNI Al Gelombang II Tahun Anggaran 2021 wilayah Kalbar yang di pelanggarakan Lantamal XII Pontianak dan di pimpin langsung oleh Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman.

 

“Bertindak selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Seleksi Penerimaan Caba Catam Gel.II TA. 2021 Wilayah Kalbar, saya memimpin pelaksanaan Test Pantukhir Daerah terhadap Calon Siswa Bintara Pria dan Wanita serta Catam TNI AL, yang kami laksanakan, di Gedung Sekolah Umum Perikanan Menengah Negeri (SUMP) Pontianak, Jl. Pembangunan Nipah Kuning Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kota Pontianak,” kata Danlantamak XII Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman di Pontianak,

Jumat (24/09/2021)

 

Dijelaskan Danlantamal, pelaksanaan Pantukhirda seleksi Caba dan Catam itu diikuti oleh Caba pria 21 orang, dan Caba Wanita tiga orang serta Cata 14 orang.  Selain itu juga terdapat dua orang calon dimana mereka pada saat penerimaan calon TNI AL GelombangI telah lulus sampai tingkat panpus, yang dilaksanakan di Lapetal Malang.

 

“Namun karena keterbatasan jumlah kuota mereka tidak lolos dan ditawarkan untuk mendapat Tiket Holder, mengikuti pendidikan pada Gelombang II ini namun dengan kondisi Kesehatan tetap memenuhi syarat.  Adapun kedua calon tersebut yaitu Donny Ahmad Soleh, dari Peserta Tes Cata Gel. I TA. 2021 Panda Pontianak, dan  Yohannes, sebagai peserta Tes Catar TA. 2021 Panda Pontianak, namun yang bersangkutan siap untuk ikut tes Caba dan ikut pada seleksi gelombang kedua ini,” tutur Danlantamal.

 

Danlantamal menambahkan, pendaftaran Caba dan Catam TNI AL Gelombang II ini di Panda Pontianak diikuti sekitar 300 orang pendaftar dari berbagai daerah yang ada di Wilayah Kalbar dan sekitarnya.

 

“Sebelum tiba pada tes Pantukhir Daearah ini, mereka telah melalui berbagai tahapan tes, meliputi tes administrasi, tes kesehatan hingga dua tahap, tes kesamaptaan jasmani, tes kesehatan jiwa, mental ideologi (tertulis dan wawancara).  Bagi yang dinyatakan lulus dalam tes Pantukhir Daerah ini akan dikirim ke Lapetal Malang untuk melanjutkan tes Pantukhir Pusat, dimana seluruh calon dari seluruh Indonesia akan berjibaku menampilkan yang terbaik diantara yang baik,” jelasnya.

 

Pada akhirnya, yang dinyatakan terpilih untuk ikut serta dalam sidang Pantukhir tingkat pusat  yaitu Caba Pria 13 orang, sementara delapan orang tidak lulus, namun empat orang lainnya di Catamkan. Kemudian Caba Wanita tiga orang, artinya ketiganya dinyatakan lulus, serta Calon Tamtama dari jumlah 14 orang, dua orang dinyatakan tidak lulus, dan ditambah dua orang Tiket Holder.

 

“Bagi mereka yang dinyatakan lulus. dalam waktu dekat ini akan diberangkatkan ke Lapetal Malang, untuk mengikuti Test Pantukhir Tingkat Pusat, , dan kemudian bagi yang lulus tingkat pusat akan melanjutkan pendidikan Dasar Kemiliteran,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, pada sidang Pantukhir tingkat daerah ini, dilaksanakan secara transparan serta melewati berbagai tahapan pemeriksaan yang sangat ketat dan teliti. Untuk dapat melihat kembali secara akumulatif keseluruhan hasil seleksi yang telah dilaksanakan, meliputi administrasi, kesehatan 1 dan 2, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, kesehatan jiwa dan psikologinya para calon yang telah lolos sampai tahap terakhir di tingkat daerah Lantamal XII Pontianak.

 

“Pelaksanaan pantukhir daerah ini disaksikan oleh oleh Tim Wasdal dari Spers Mabesal yang diketuai oleh Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo, CHRMP Paban IV Binkar Spersal (Ketua), dan Letkol Laut (KH) Joni Agus Sugiharto dan Pabandya Renbangkuat Ban II Binteman Spersal,” ujarnya.

 

Kepada para Calon Siswa (Casis) yang telah mengikuti tes, Danlantamal XII menyampaikan pesan kepada seluruh casis yang lulus Pantukhir tingkat daerah sebagai perwakilan dari Lantamal XII, buatlah kebanggaan baik untuk orang tua maupun untuk Kalbar dengan berlanjut lulus masuk pendidikan hingga dilantik menjadi prajurit TNI AL.

 

“Dan kepada casis yang tidak lulus seleksi tingkat daerah  agar tetap semangat dan jangan menyerah, karena masih banyak kesempatan untuk dapat menjadi TNI. Perbanyak ibadah serta siapkan segalanya yang berkaitan dengan syarat masuk TNI dengan lebih baik dan maksimal,” pungkas Danlantamal XII, Brigjen TNI Andi Rukman.

 

 

Sumber  :  Dispen Lantamal XII Koarmada I.

Editor      :  Slamet Ardiansyah.

Pangdam XII/Tpr Terima Taklimat Akhir Wasrik Current Audit Itjenad TA 2021

Akhiri Masa Tugas, Kepala KJRI Kuching berpamitan dengan Kepala Negara Bagian Sarawak