in

Nelayan Pemangkat Demo Tuntut Batalkan PP Nomor 85

Jaringinfo.com SAMBAS -Ribuan nelayan Kabupaten Sambas yang terancam menjadi pengangguran baru menggelar aksi demo damai di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangakat, Senin, 27 September 2021.

 

Para nelayan tersebut menuntut pemerintah membatalkan Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2021 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

Buntut dari terbitnya PP tersebut membuat pemilik kapal tidak mampu memperpanjang izin dikarenakan tarif PNBP yang naik mencapai 400 persen.

 

Dalam Peraturan tersebut juga diatur mengenai harga patokan ikan. Di mana, menurut mereka harga patokan ikan yang ditetapkan Pemerintah Pusat tidak sesuai dengan harga ikan di daerah khususnya di Kalbar.

 

“Kami terancam menjadi pengangguran kalau pemerintah tetap menerapkan kebijakan ini. Jangan jadikan kami kelinci percobaan kebijakan,” seru Adi, seorang peserta aksi.

 

Berdasarkan pantauan, aparat Kepolisian dan TNI bersiaga di lokasi untuk mengamankan jalannya aksi.

 

Saat ini sejumlah perwakilan nelayan sedang melakukan audiensi dengan pihak Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat didampingi TNI-Polri.

 

 

Pewarta/Editor : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Pekan Disiplin Hari Jadi Ke-76 TNI, Satpom Lanud Supadio Tegakkan Disiplin Lalin dan Protkes COVID-19

Kasat Reskrim : Dugaan Kuat Itu Bukan Peluru Tajam, Dugaan Penembakan Bank Sinarmas Pontianak