in

Danlantamal XII Pontianak hadiri ziarah di TMP Dharma Patria Jaya

Jaringinfo.com KUBU RAYA – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Brigadir Jenderal TNI Marinir Andi Rukman, hadir pada kegiatan ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya Jl. Adi Sucipto, Kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 76 TNI AL.
Bertindak sebagai Irup Pangdam XII/ Tpr Mayjend TNI Sulaiman Agusto dan Perwira Upacara Mayor Laut (T) Antoni serta Danup yaitu Letkol Laut (S) Syaiful Ramadhan.
“Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan “Dharma Patria Jaya” dalam rangka memperingati hari jadi ke 76 TNI tahun 2021, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dan di Kalbar ini Lantamal XII dipercaya sebagai panitia penyelenggara,” kata Danlantamal XII Pontianak, Brigadir Jenderal TNI Marinir Andi Rukman, Senin (04/10/2021)
Danlantamal mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh TNI/Polri, khususnya dalam memperingati hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan dan HUT TNI. Adapun tema dalam HUT TNI Tahun 2021 ini yaitu “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”.
Menurutnya, ziarah yang dilakukan unsur TNI yang ada di Pontianak, meliputi Kodam XII Tanjungpura, dan Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak serta Pangkalan Udara Supadio. Dan ini merupakan bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang rela berkorban merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
“ehingga kita dapat mengambil hikmah dengan meneladani kerja keras dan jasa jasanya, sebagai suri tauladan dalam mengisi kemerdekaan, menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab terhadap Bangsa dan Negara Indonesia,” ujarnya.
Mengawali kegiatan ziarah dan tabur bunga, Inspektur Upacara memimpin penghormatan umum kepada arwah para Pahlawan dengan menundukkan kepala sejenak mengheningkan cipta dan kemudian dilanjutkan dengan peletakan Karangan Bunga pada Tugu Utama Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya.
Sebelum meninggalkan TMP seluruh peserta melaksanakan Tabur Bunga sebagai ungkap terima kasih dengan diiringi doa, Kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan tempat terbaik bagi mereka yang sudah mengorbankan jiwa raga mereka untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Suatu kebanggaan bagi TNI AL khususnya Prajurit Lantamal XII, karena dalam Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya ini terdapat delapan orang pahlawan Angkatan Laut, diantaranya  Mayor E. Ridwan, Kapten M. Basir Abdul Madjid,  Letda Alichan,  Peltu Lamuri Syamsudin,  Klasi Abdul Salim,  PLN II G. Hukom, KMD Kapal Alkai Ptk,  Edy Tungkere Kapal Alkai Ptk dan Herman Yosef Ekono Siswoyo.
Pejabat yang hadir dalam Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan “Dharma Patria Jaya” dalam rangka peringatan hari jadi ke 76 TNI tahun 2021, antara lain Pangdam XII/Tpr Mayjend TNI Sulaiman Agusto, Danlantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak,  Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, Irdam XII/Tpr Brigjen TNI Widhioseno, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr Brigjen TNI Handoko Nurseta, Pejabat Utama (PJU) Kodam XII/Tpr, PJU Lantamal XII dan PJU Lanud Supadio, perwakilan Wanita TNI (Kowad, Kowal dan Wara) serta Gabungan Ibu Persit Kartika Candra Kirana, Ibu Jalasenastri dan Ibu Pia Ardhya Garini.
Sumber  : Dispen Lantamal XII Koarmada I.
Editor     : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Optimis Akhir Oktober Kota Pontianak Capaian Vaksinasi Tembus 70 persen

HUT ke-76 TNI, Pangdam XII/Tpr Pimpin ziarah ke TMP Dharma Patria Jaya