in

Arah Pembangunan Pertanian Kalbar Dalam Upaya Swasembada Pangan

Jaringinfo.com PONTIANAK – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Florentinus Anum memaparkan arah dan strategi pembangunan pertanian untuk pencapaian swasembada pangan berkelanjutan di Kalbar. Hal itu disampaikan saat lokakarya kurikulum yang digelar Fakultas Pertanian Untan Pontianak.

 

“Arah Pembangunan pertanian di Kalbar di antaranya dengan penerapan pembangunan pertanian dengan strategi penguatan kapasitas kelembagaan tani (melalui kemitraan) dan upaya intensifikasi terhadap tahapan proses produksi pertanian dari hulu sampai hilir yang berbasis klaster (kawasan sentra produksi), mengawal peningkatan kualitas, kuantitas dan jenis komoditi yang berorientasi ekspor,” kata Florentinus Anum, Kamis (07/10/2021)

 

Ia mengatakan, semua dapat menjadi gambaran bagaimana kurikulum bisa menyesuaikan, “sehingga menjawab tantangan atau arah pembangunan ke depan,” ungkap Anum.

 

Lokakarya Kurikulum yang digelar Fakultas Pertanian Untan Pontianak dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Rahadian,M.S.Wakil Rektor Bagian Akademik.

 

Sementara itu, Dekan Faperta Untan Pontianak, Denah Suswati mengatakan pihaknya tengah melakukan penyesuasian kurikulum dan hal itu dalam rangka memperkuat program Kampus Merdeka Belajar sehingga lulusan mampu bersaing.

 

“Kurikulum ini dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi dosen mencapai tujuan pendidikan. Selain itu kurikulum di program studi juga harus mampu menjawab tantangan regional dan internasional termasuk melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka agar para lulusan yang dihasilkan memiliki kompetesi untuk bersaing di masa depan,” kata dia.

 

 

Sumber  : Humas Pemprov Kalbar.

Editor      : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Jembatan Gantung Durian Sebatang Siap Dibangun

Kabareskrim Usulkan Napoleon Dipindah ke Rutan Cipinang