in

Korem 121/Abw Berkomitmen Terus Berperan Aktif Mengentaskan Pandemi COVID-19

Foto : Danrem 121/Abw Brigjen TNI, Ronny. Foto Slamet Ardiansyah.

 

Jaringinfo.com SINTANG – Diusia nya yang ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya Korem 121/Alambhana Wanawai hingga ke tingkat jajaran kebawah, tetap berkomitmen untuk terus berperan aktif mengentaskan pandemi COVID-19 di seluruh wilayah teritorial nya dalam membantu pemerintah Kalimatan Barat.

 

“Memang dalam pengentasan pandemi COVID-19 ini kami dari TNI, Khususnya Korem 121/Abw dilibatkan. Hal ini sesuai dengan arahan, pertunjuk dan perintah bapak Presiden RI. Kami selalu berperan aktif dan selalu bersinergi bersama Polri dan isntansi lain yang tergabung dalam Satgas COVID-19 baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota di Kalbar,” kata Danrem 121 /Abw, Brigjen TNI Ronny di Sintang, Selasa (12/10/2021).

 

Brigjen Ronny mengatakan, jajaran anggota Korem mulai dari Korem, Kodim, Koramil, Babinsa termasuk batalyon ditugaskan untuk ikut menegakan disiplin protokol kesehatan. Baik itu di setiap prajurit, dilingkungan keluarga besarnya dan dilingkungan masyarakat.

 

“Nah, terkait dengan penanganan COVID-19 itu dikeluarkan peraturan pemerintah, dengan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).  Yang disesuaikan dengan zonanya mulai dari level 1, 2, 3 dan level 4. Disini kami beserta seluruh jajaran selalu berperan aktif bersama Satgas COVID-19 lain menegakan baik ketentuan dan kreteria yang telah ditetapkan dalam peraturan pemerintah tersebut,” papar Danrem 121.

 

Jenderal Bintang Satu itu menyebutkan rasa sukurnya, karena berkat usaha keras dan tak henti-henti seluruh prajurit dan tentu saja bersama Polri dan instansi terkait serta kesadaran masyarakat, pandemi COVID-19 di Kalbar dapat turun dari yang tadinya zona merah atau level 4 memjadi leve 2 dan berangsur-angsur menuju ke zona hijau atau normal.

 

“Puncaknya untuk pandemi di Kalbar itu pada tanggal 15 Juli yang lalu, dan kita bersyukur trend hingga saat ini semakin menurun dan ini perlu kita semua syukuri, namun tetap waspada dan jangan sampai lengah agar pendemi tidak ada lagi di wilayah kita dan umumnya di Indonesia. Kita sama-sama menginginkan kehidupan kita kembali normal seperti sedia kala,” kata Danrem.

 

Danrem juga mengatakan  penegakan protokol kesehatan itu juga dilakukan oleh para prajurit  Satgas Pamtas yang menjaga di sektor barat yang saat ini oleh Yonif Mekanis 643/Wns dan sektor timur oleh Yonif 411/JY Kalbar yang berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia.

 

“Anggota Satgas Pamtas juga diperintahkan untuk selalu menegakan protokol kesehatan, dengan cara menertibkan warga (PMI/WNI) yang keluar masuk Indonesia-Malaysia. Setiap mereka yang masuk ke Indonesia dari Malaysia oleh anggota Satgas Pantas disuruh mencuci tangan, di perikas suhu tubuh dan bekerjasama dengan instansi terkait, warga yang baru masuk itu di periksa kesehatan dan di lakukan swab atau PCR dan isolasi mandiri atau isolasi terpusat, serta memberikan pengobatan” ujar Danrem.

 

“Jadi dengan saling bahu membahu kita dari TNI bersama Tim Satgas penanganan COVID-19, kita mencegah jangan sampai ada klaster COVID-19  baru masuk ke Indonesai yang di bawa para PMI yang pulang ke Indonesia. Inilah peran Korem 121/Abw untuk mengemdalian operasi untuk penanganan COVID-19 di wilayah perbatasan, ” imbuhnya.

 

Terkait vaksin, Brigjen Ronny menjelaskan, vaksin ini merupakan salah satu yang sangat penting dalam pencegahan pandemi COVID-19. Korem 121/Abw selalu aktif mendorong dan memberi himbauan agar segera mendapatkan vaksin kepada masyarakat.

 

“Dengan vaksin maka kita mampu menekan lajunya penyebaran pandemi dan menurunkan angka kematian akinat terpapar COVID-19. Tentu kami sekali lagi bersama Polri dan instansi terkait dengan berbagai cara dan berbagai kesempatan menghimbau dan mendorong masyarakat agar segera di vaksi. Tidak hanya ke masyarakat ini juga kami lakukan kepada keluarga besar kami agar target pemerintah sebesar 70 persen masyarakat di vaksin dapat terpenuhi,” tutupnya.

 

 
Pewarta  : Slamet Ardiansyah
Editor     : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Calon Bintara TNI AL Asal Kalbar Ikuti Tes Pantukhri di Malang

Danrem 121/Abw terima laporan Korps pindah satuan Kasiter Kasrem 121/Abw