in

TNI Berperan Aktif Ikut Memulihkan Ekonomi Dimasa-masa Pandemi

Foto : Danrem 121/Abw Brigjen TNI, Ronny. Foto Slamet Ardiansyah.

 

Jaringinfo.com SINTANG – Ditemui diruang kerjanya, Danrem 121/Alambhana Wanawai, Brigjen TNI Ronny menyebutkan TNI khususnya jajaran Korem 121/Abw selalu mengambil peran aktif dalam membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan dimasa pendemi COVID-19 dan dengan kemampuan yang ada juga ikut berperan aktif memulihkan ekonomi masyarakat.

 

“Implementasinya dari arahan pimpinan kami TNI Angkatan Darat dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat terdampak pandemi ini adalah dengan melakukan berbagai upaya untuk meringankan beban masyarakat sesuai kemampuan yang dimiliki kami dalam hal pemulihan ekonomi. Kami menyalurkan bantuan seperti pada program Jumat Berkah dan memberikan bantuan langsung berupa makanan siap saji,” ujar Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny di Sintang, Selasa (12/10/2021).

 

Danrem mengatakan, melalui jajarannya, mulai dari tingkat Korem, Kodim, Koramil, Babinsa termasuk satuan batalyon yang ada di Korem 121/Abw juga telah melalukan berbagai upaya seperti bakti sosial dengan membagikan Sembako, masker, hand Sanitizer dan obat-obatan kepada masyarakat terdampak pandemi serius pandemi COVID-19, khususnya kepada masyaralat yang ada di perkotaan.

 

“Kami juga membantu masyarakat kita yang ada di perbatasan yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari karena pandemi. Bantuan yang kami berikan dengan cara mendirikan depot-depot logistik dengan berkoordinasi dengan pemilik-pemilik warung yang ada di perbatasan. Dengan maksud agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan kebutuhan sehari-hari dan dengan harga terjangkau,” jelasnya.

 

Selain itu, jajaran Korem 121/Abw juga menghimbau kepada masyarakat untuk bisa kembali ke desa dan menggarap lahan pertanian dalam upaya memulihkan ekonomi. Karena potensi pertanian di desa sangat menjanjikan jika benar-benar digarap dengan baik.

 

Menurut Danrem, usaha-usaha pertanian yang produktif itu tidak mudah terdampak pandemi, seperti terjadinya putus pencarian akibat PHK di masa pandemi ini. Selain itu, TNI juga memfasilitasi kendaraan untuk masyarakat diperbatasan yang mengalami kesulitan jarak tempuh untuk berbelanja Sembako.

 

“Warga diperbatasan Indonesia-Malaysia baik yang ada di sektor barat dan timur Kalbar selama pandemi mengalami kesulitan mendapatkan kebutuhan Sembako. Yang biasanya masyarakat itu berbelanja ke Malaysia karena lebih dekat. Sementara di pandemi ini wilayah perbatasan ditutup dan untuk berbelanja di wilayah perbatasan terbentur jarak tempuh ke warung-warung lengkap memjual Sembako yang ada di perbatasan,” ujarnya.

 

Bregjen TNI Ronny menambahkan, salah satu yang juga TNI dalam upaya pemulihan ekonomi yaitu dengan mengajak dan memberi contoh untuk mengarap lahan-lahan kosong. Dengan harapan lahan-lahan kosong milik warga yang tidak produktif itu menjadi lahan yang produktif dan memiliki nilai ekonomis.

 

Dikatakannya, menanam pohon di lahan kosong tampa membakar saat membuka lahan itu, selain mendukung program Langit Hijau Kodam XII/Tpr juga bisa bermanfaat untuk menambah penghasilan masyarakat.

 

“Dengan memanfaatkan lahan kosong dan menanamnya dengan salah satunya pohon-pohon buah-buahan yang dapat menghasilkan tambahan pemasukan masyarakat itu sendiri. Dan ada beberapa hal lagi yang telah kami lakukan dalam membantu beban ekonomi masyarakat yang kami sesuaikan dengan kondisi yang ada,” pungkasnya.

 

 

 
Pewarta : Slamet Ardiansyah.
Editor     : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Danrem 121/Abw terima laporan Korps pindah satuan Kasiter Kasrem 121/Abw

BKKBN Bertekat Tuntaskan Pendataan Penduduk 2021