in

Kondisi dan Letak Geografis Menyebabkan Dua Desa di Kayong Utara Belum Terdata

Jaringinfo.com KAYONG UTARA – Ada dua desa yang belum di data yaitu Desa Betok dan Desa Padang, hal itu disebabkan kondisi cuaca tidak memungkinkan, geografisnya sangat ekstrim dan sulitnya transportasi di daerah kepulauan. Hal itu diungkapkan Bupati Kabupaten Kayong Utara, Citra Duani mengatakan terkait kegiatan Pendataan Keluarga 2021 (PK21) di Kayong Utara, Kalimantan Barat.

 

“Minimnya kader pendata di desa juga mempengaruhi belum terealisasinya PK21 tersebut, akan tetapi realisasi PK21 Kabupaten Kayong Utara diatas realisasi Pendataan Keluarga Provinsi Kalimantan Barat sebesar 85,06 persen,” kata Bupati Kayong Utara Citra Duani, saat sosialisasi PK21 yang di hadiri Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo secara virtual, Kamis.

 

Citra mengatakan, pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Hal itu demi membangun SDM Kabupaten Kayong Utara kedepan. Sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pemerintah untuk pencegahan dan penurunan kasus Stunting. Dimana, seperti yang ditargetkan pemerintah pusat sebesar 14 persen ditahun 2024, di tahun 2021.

 

“Angka Stunting di Kabupaten Kayong Utara saat ini sudah tembus 16,37 persen. Dan, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara optimis angka Stunting di Kabupaten Kayong Utara bisa dibawah 14 persen ditahun 2024,” kata Citra Duani.

 

Untuk mewujudkan itu ujarnya, semua perlu dukungan dan kerjasama dari seluruh pemangku kebijakan dan seluruh lapisan masyarakat Kayong Utara agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan informasi tentang program Bangga Kencana secara lengkap, benar dan berkelanjutan.

 

“Saya berharap perlunya kerjasama lintas yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah serta peran masyarakat yang ada di desa serta kelompok kelompok yang tergabung dalam kegiatan program Bangga Kencana,” kata Citra Duani.

 

Hadiri langsung dalam kegiatan Sosialisasi itu anggota Komisi IX DPR RI, H. Alifudin, Direktur KIE BKKBN, Eka Sulitia, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Tenny C Soriton, forkopimda Kabupaten Kayong Utara serta Kader, PKB/PLKB, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama Kabupaten Kayong Utara.

 

 

Sumber  : Humas BKKBN Kalbar.
Editor     : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Kota Pontianak Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Satgas Pamtas 643 tangkap Delapan WNI Non Prosedural