in

Tingkatkan Kualitas TPK Untuk Percepat Penanganan Stunting

Foto : Kepala Dinkes PPKB Mempawah, Jamiril dalam kegiatan orientasi kader Tim Pendamping Keluarga Wisma Candramidi Kabupaten Mempawah. (Foto ist).

 

Jaringinfo.com MEMPAWAH – Dalam Upaya percepatan penanganan stunting,  Kabupaten Mempawah gencar melakukan penguatan dan peningkatan kualitas tenaga pendamping melalui kegiatan orientasi kader Tim Pendamping Keluarga (TPK).

 

“Perkuatan dan peningkatan kualitas TPK itu sangat penting untuk kita lakukan, kerena salah satu upaya untuk penurunan prevalensi stunting yaitu dengan melakukan pendampingan kepada keluarga beresiko stunting oleh para Kader TPK, khususnya di Mempawah ini,” kata Kepala Dinkes PPKB Mempawah, Jamiril di Mempawah, Senin (29/11/2021).

 

Dikatakannya, dengan mengikuti kegiatan orientasi itu maka para kader TPK juga dapat meningkatkan pengetahuan. Dimana pengetahuan itu akan sangat berguna dalam melakukan tugas-tugas pendampingan di lapangan.

 

Jamiril memjelaskan, kegiatan orientasi diikuti sebanyak 165 orang peserta yang tergambung di 56 TPK dari Kecamatan Mempawah Hilir dan Kecamatan Mempawah Timur, yang dibagi ke dalam dua kelas.

 

“Kegiatan orientasi kader TPK itu dipusatkan di Wisma Candramidi Kabupaten Mempawah dan difasilitasi oleh tim fasilitator provinsi dari koordinator bidang ADPIN dan koordinator bidang KB KR Perwakilan BKKBN Kalbar dan tim fasilitator Kabupaten Mempawah yang sudah dilatih sebelumnya,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny C Soriton dalam kesempatan itu mengatakan, Perwakilan BKKBN Kalbar memberikan apresiasi kepada Pemda Mempawah di bawah kepemimpinan Bupati Erlina atas dukungan dan komitmen terhadap pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Mempawah, dengan diserahkannya penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK)

 

“Penghargaan yang dicapai itu atas dukungan Kepala Daerah terhadap Program Bangga Kencana di Kabupaten Mempawah ini,” kata Tenny.

 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Mempawah Erlina menambahkan, Kabupaten Mempawah menempati urutan ke-4 daerah dengan kasus stunting terkecil.

 

“Kami berharapan Mempawah paling tidak dapat naik menjadi urutan ke-2 dengan kasus stunting terendah se-Kalbar. Untuk itu saya juga berharap kepada 56 TPK yang mengikuti kegiatan orientasi ini, agar dapat memanfaatkan kegiatan itu guna menambah pengetahuan sebagai bekal mereka pada saat bertugas dilapangan,” pungkasnya.

 

 

Pewarta/editor : Tim Redaksi jaringinfo.com.

Pemerintah Kota Pontianak Raih Peringkat Tiga BKN Award

TPK Harus Inovatif dan Inisiatif Melakukan Pendampingan