in

Kapolres Sanggau Sambut Hangat Kunjungan Ketua SMSI Kalbar

FOTO : Ketua SMSI Kalbar, Muhammad Khusyairi (kemeja putih) didampingi Bendahara SMSI, Kornelis saat berdialog dengan Kapolres Sanggau, AKBP Ade Kuncoro Ridwan S IK  (ist)

SANGGAU – jaringinfo.com

Kapolres Sanggau, AKBP Ade Kuncoro Ridwan S IK menyambut baik kunjungan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalimantan Barat. 

Pria dengan dua melati dipundak ini menginginkan kehadiran organisasi pemilik media dapat memberikan efek baik dalam masyarakat. Untuk itu, hendaknya SMSI selalu memberikan edukasi berbagai hal yang positif  kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kapolres Sanggau dalam pertemuan mempererat jalinan silaturahmi di ruang kerjanya, pada Senin (25/4/2022), seperti dilansir radarkalbar.com group jaringinfo.com.

Mantan Kapolres Landak ini menuturkan, perlunya kemampuan yang profesional dalam pengelolaan media, karena banyak hal yang perlu diperhatikan. Tentunya agar media itu lebih berguna dan berkesinambungan.

“Sekecil apapun sebuah media, tentunya dalam pemberitaan memperhatikan pemilihan bahasa yang tepat, sehingga apa yang akan disampaikan dalam tulisan lebih mudah dimengerti oleh pembaca dan menunjukan profesionalitas,” ujarnya.

Ditambahkan, selain itu sebuah media perlu dilengkapi dengan sebuah badan hukum. Kemudian, dalam pemberitaannya selalu memperhatikan kaidah aturan pemberitaan. Sehingga media tidak bersentuhan dengan hukum, karena dalam berita memaparkan ataupun memampangkan hal yang belum pasti atau tidak jelas.

“Dalam menulis berita perlu juga bagi penulis untuk memikirkan manfaat hasil tulisan ketika dibaca oleh konsumen, misalnya menulis sesuatu yang dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat, tentu merupakan hal baik bagi penulis, “terangnya.

Pria yang dikenal dekat dengan berbagai kalangan ini menegaskan, yang lebih penting lagi, agar sebuah media menghindari tulisan yang bersifat memanasi situasi sehingga menimbulkan konflik yang mengakibatkan terganggunya keamanan.

“Saya juga berpesan kepada kru media dan masyarakat agar dalam keseharian tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga imun tubuh, berlaku hidup sehat, bersih dan sering berolah raga, agar terjaga dari penyebaran Covid-19,” harapnya.

Ditempat sama, Ketua SMSI Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Khusyairi menjelaskan, SMSI adalah organisasi owner/pemilik portal media online, secara nasional beranggotakan sebanyak 1.675 media, dan sudah menjadi konstituen atau terverifikasi Dewan Pers. Kemudian untuk di Kalbar telah bergabung 35 portal media online, sudah berada di 7 kabupaten/kota.

“Ini lawatan pertama secara resmi kita bersilaturahmi kepada jajaran kepolisian, dimulai dari Polres Sanggau. Selanjutnya ke Polres-polres lainnya di Kalbar, demikian juga pihak lainnya. Untuk itu SMSI Kalbar perlu dukungan dan arahan dari berbagai pihak, sehingga dapat menjadi lebih baik, dan perlunya sinergi yang riil antara SMSI dengan kepolisian. Sehingga dalam pemberitaan media yang tergabung dalam SMSI dapat menayangkan berita yang cepat, tepat dan akurat, ” ungkap pria yang akrab disapa Sery Tayan ini didampingi Bendahara SMSI Kalbar, Kornelis.

Kunjungan pengurus SMSI Kalbar ini, erat kaitannya dengan adanya agenda pelantikan pengurus organisasi tersebut pada Juli 2022 mendatang. (Red***)

Munadi Herlambang: Kerjasama Jasa Raharja dan BVT untuk Data Road Safety

Migrasi Analog ke Digital, TVRI Kalbar Telah ber-Siaran di 8 Kabupaten/Kota