in

Bang Kris Hadiri Perayaan Gawai, Warga Rantau Berikan Sambutan Hangat

FOTO : Momen anggota Komisi I DPR RI saat menghadiri gawai Nosu Minu Podi di Dusun Rantau, Desa Kelompu, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (red)

KALBAR, jaringinfo.com – ANGGOTA DPR RI Krisantus Kurniawan S Ip, M Si menghadiri perayaan gawai Nosu Minu Podi atau syukuran sesudah musim panen padi di Dusun Rantau, Desa Kelompu, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, pada Sabtu (14/5/2022).

Warga setempat, merasa berbahagia ditengah kesibukannya sebagai legislator di Senayan, Jakarta. Namun, Krisantus Kurniawan yang dikenal sebagai sosok merakyat ini, masih menyempatkan diri menghadiri gawai tersebut.

Menariknya, Anggota Komisi I DPR RI ini tak sungkan-sungkan membaur, berjalan kaki mendatangi rumah-rumah para tokoh dan warga yang merayakan gawai serta mencicipi hidangan dan minuman yang dihidangkan hingga malam hari.

Hadir saat itu, Anggota DPRD Sanggau, Hengki ST, Kepada Desa Kelompu, Suandi Tarigan, Ketua DAD Kecamatan Kembayan, Thomas Spd, M Si, Bendahara DAD Kembayan, V. Herman Jaya S Sos, Kepala Wilayah Rantau, Daniel, Ketua Adat (Kadat) Rantau, Y Salin, tokoh masyarakat Rantau, Joni, Pemuda Panca Marga (PPM) serta sejumlah pihak lainnya.

Sebelumnya,  terlebih dahulu Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini, menyerahkan bantuan beras dan buku materi Pancasila dari Ketua DPR RI Puan Maharani kepada sejumlah pihak.

“Ini bantuan dari Ketua DPR RI, Ibu Puan Maharani dalam rangka berbagi dengan sesama. Nah, ada juga buku materi Pancasila,” ucap pria yang akrab disapa Bang Kris ini sembari menyerahkan bantuan beras dan buku tersebut.

Selanjutnya Krisantus Kurniawan diminta Kepala Wilayah (Kawil) Rantau, Daniel serta para tokoh masyarakat di wilayah itu, untuk meresmikan penggunaan Balai Dusun setempat.

Sebelum memasuki bangunan Balai Dusun tersebut. Terlebih dahulu dilaksanakan rangkaian ritual adat setempat. Lantas dilaksanakan dialog singkat dihadiri sejumlah kalangan di wilayah tersebut.

Saat ini, Krisantus Kurniawan kembali menyerahkan bantuan uang tunai Rp 15 juta untuk pembelian perlengkapan gong, baju adat dan kursi.

“Ini saya titipkan dana Rp 15 juta dulu. Nanti kalau kurang hubungi saya, sebab jika mau membelanjakan beli barang-barang ini. Terus-terang saya susah bagi waktunya,” ucapnya pria yang akrab disapa Bang Kris ini saat menyerahkan bantuan tersebut.

Pada momen ini, Bang Kris sempat memaparkan bidang kerja Komisi I DPR RI. Kemudian Ia juga memacu para orang tua di wilayah itu untuk tak takut memasukan anaknya menjadi prajurit TNI. Sebab, masuk TNI tidak dipungut biaya. Jika pun ada isyu yang mengatakan masuk pakai uang itu merupakan ulah oknum.

Selain itu, Bang Kris juga mengungkapkan tentang alokasi pembangunan tower seluler. Kebetulan di wilayah Dusun Rantau tersebut masih blank spot (tidak ada sinyal seluler).

“Saya di Komisi I bidang kerjanya pertahanan, luar negeri, Intelijen negara, komunikasi dan informasi, TNI, pertelevisian dan radio. Nah, kalau tower handphone tu urusan saya. Saya buka Hp disini (Rantau, red) tak ada sinyal, kalau yang ini jangan pakai profosal. Saya ajukan lah. Kemudian, untuk warga yang mau beli TV sekarang pilih yang ada fasilitas smart-nya. Sebab, akan ada migrasi atau perpindahan dari TV analog ke TV digital, ” paparnya.

Sementara, Ketua DAD Kecamatan Kembayan, Thomas S PD, M Si dalam sambutannya mengungkapkan sekilas terkait pelaksanaan gawai tersebut dan adat istiadat Dayak setempat.

Kemudian, Kawil Rantau, Daniel memaparkan kondisi wilayah tersebut, berkenaan dengan keberadaan sarana dan prasarana.

Anggota DPRD Sanggau, Hengki ST mengatakan pihaknya akan mengajukan perbaikan salah satu jembatan di wilayah tersebut, melalui pokok pikir (pokir) kepada Pemkab Sanggau. Dan akan direalisasi pada Tahun 2023 mendatang.

Peresmian penggunaan Balai Dusun ini, ditandai dengan pemukulan gong oleh Krisantus Kurniawan S Ip, M Si, sebanyak tujuh kali.

Kemudian, dilanjutkan dengan sesi berpoto bersama dengan sejumlah pihak dan masyarakat yang menghadiri kegiatan peresmian penggunaan Balai Dusun tersebut.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Joni mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anggota DPR RI, Krisantus Kurniawan S Ip, M Si di wilayah tersebut, bertepatan dengan momen perayaan gawai tahun 2022.

“Selama ini belum pernah anggota DPR RI berkunjung dan membaur dengan kami di wilayah ini. Apalagi pas dengan perayaan gawai ini. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Krisantus,” ucapnya dengan mimik wajah tulus.

Kemudian, usai kegiatan di Balai Dusun tersebut, Bang Kris kembali melanjutkan silaturahmi nya dengan mendatangi sejumlah rumah warga di wilayah tersebut. Pria yang dikenal cukup vokal ini, terlihat akrab menyapa warga dan sembari melontarkan candanya. Tak ayal, pada momen silaturahmi itu sesekali terdengar gelak tawa penuh keakraban.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : radarkalbar. com

Reses di Balai, Bang Kris Bagikan Bantuan Beras dan Buku Materi Pancasila dari Puan Maharani

Total Alokasi Pupuk Bersubsidi Kalbar Sebanyak 140.273 Ton