in

Talkshow Bincang ANTARA, Mengangkat Peran Jurnalis Dalam Pengelolaan Produk UMKM di Kalbar

Foto. Kepala Biro LKBN ANTARA Kalbar,  Evy Ratnawati di Pontianak. Foto tim.

 

Jaringinfo.com PONTIANAK – Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) ANTARA Biro Kalimantan Barat, bertempat Aula Pertemuan Gemawan di Jalan Ujung Pandang Kecamatan Pontianak Kota, mengelar acara talkshow “Bincang ANTARA”   Peran Jurnalis Dalam Pengelolaan Produk Pertanian  UMKM. Kegiatan itu dihadiri oleh 22 jurnalis baik cetak, elektronik maupun online dan mengadirkan dua narasumber dari Dinas Pertanian bidang tanaman holtikultura Kalbar dan pengurus HIPMI Kalbar.

 

“Melalaui kegiatan ini, kami berharap rekan-rekan tidak hanya sekedar membantu para petani dan pelaku UMKM dalam mempromosikan usaha mereka, akan tetapi para jurnalis ini dapat memberi contoh atau memberitakan kesuksesan para pelaku UMKM tersebut,” kata Kepala Biro LKBN ANTARA Kalbar,  Evy Ratnawati di Pontianak, Selasa 19 Juli 2022.

BACA JUGA : Kepala KJRI Kuching Pastikan Anak-anak PMI Dapatkan Pendidikan

Dan juga ujarnya lagi, melalui kegiatan ini, melalui pemberitaan para jurnalis dapat juga melalui pemberitaannya dapat membangkitkan apa regulasi pemerintah, dalam upaya membangkitan perekonomian melalui pengelolan produk pertanian yang di lakukan oleh UMKM, khususnya di Kalbar.

 

“Dari hasil perbincangan dalam kegiatan talkshow tadi sudah jelas, diungkapkan bahwa petani itu tidak terlalu terdampak dari kondisi ekonomi yang kurang baik semerti saat ini, karena mereka itu dapat terus memproduksi dan menjual hasil pertaniannya. Bahkan penjualan produksi pertanian itu dapat semakin meningkat,”kata Evy.

BACA JUGA : Kampanye Stunting, Wujud Sinergitas BKKBN dan Komisi IX DPR RI

Menurutnya yang jadi masalah, bagaimana peran para jurnalis dalam memberitakan untuk lebih menyemangati dan mendorong para petani ini.

 

“Dengan pemberitaaan, kita sebagai jurnalis kami harapkan bisa membantu para petani mulai dari cara cara bercocok tanaman, menghasilan tanaman yang memiliki nilai jual yang baik, serta membantu mensosialisasikan dan mempromosikan peluang-peluang pasar, sehingga baik itu petani maupun pelaku UMKM dapat sukses memajukan usahanya,” kata Ka.Biro ANTARA Kalbar.

 

Menurut Evi,  para jurnalis dengan kapasitasnya sangat mampu berperan dalam membangkitkan dan mengerak roda perekonomian, salah satunya melalui kegiatan pertanian tanaman holtikultura dan UMKM.

 

“Banyak peluang yang bisa dilakukan melalui peran jurnalis dalam membantu para petani dan pelaku UMKM. Bahkan, dengan potensi produksi pertanian dan UMKM yang sangat menjanjikan itu para jurnalis juga bisa terjun langsung sebagai pelaku pertanian atau UMKM, agar ini dapat menjadi daya tarik  kaum muda untuk terjun mengeluti bidang pertanian dan UMKM yang sejahtera,” pungkasnya.

 

Pewarta : Slamet Ardiansya

Editor      : Tim jaringinfo.com

KH Muhammad Ghozali Kandidat Kuat Calon Ketua PWNU Kalimantan Barat

Pemkab Sintang Mengklaim Angka Stunting Turun Secara Signifikan