in

Cegah Stunting, Komisi IX DPR RI Minta Stopkan Pernikahan Dini

Foto : Anggota Komisi IX DPR RI Daerah Pemilihan 1 Kalimantan Barat, Alifudin bersama Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Muslimat saat hadir pada acara sosialisasi program Bangga Kencana serta percepatan penurunan stunting bersama mitra kerja oleh BKKBN perwakilan Kalbar di Sintang. Foto Istimewa.

 

Jaringinfo.com Sintang – Anggota Komisi IX DPR RI Daerah Pemilihan 1 Kalimantan Barat, Alifudin menyebutkan program percepatan penurunan kasus gagal tumbuh pada anak (stunting) hingga saat ini sudah sangat masif dilakukan. Meski demikian hal yang harus menjadi perhatian yakni pencegahan pernikahan dini. Karena menurutnya dari pernikahan dini dan minimnya pengetahuan akan berdampak pada pola asuh anak.

 

“Dari pernikahan dini maka akan berdampak pada rendahnya pengetahuan akan pola asuh. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan timbulnya kasus anak stunting. Untuk itu kami minta jangan ada lagi atau stop terjadinya nikah dini,” katanya Alifudin saat hadir kegiatan sosialisasi program Bangga Kencana serta percepatan penurunan stunting bersama mitra kerja oleh BKKBN perwakilan Kalbar di Kabupaten Sintang, Senin 1 Agustus 2022

 

Baca Juga : Pemkab Kapuas Hulu – Komisi IX DPR RI – BKKBN Kalbar Berkolaborasi Atasi Stunting

 

Alifudin mengatakan, Kabupaten Sintang yang harus menjadi perhatian yakni mewujudkan sanitasi yang baik bagi masyarakat. Lantaran hingga saat ini masih banyak masyarakat yang memanfaatkan sungai sebagai tempat untuk buang air besar. Sehingga harus ada upaya untuk menekan hal tersebut.

 

“Kita berharap kedepan tidak akan ada lagi anak stunting. Khususnya tidak terjadi lagi masyarakat tidak membuang hajatnya disungai,” ujarnya.

 

Baca Juga : Kampanye Stunting, Wujud Sinergitas BKKBN dan Komisi IX DPR RI

 

Sementara itu, BKKBN perwakilan Kalbar bersama Komisi IX DPR-RI terus bersinergi dalam upaya percepatan penurunan stunting. BKKBN Kalbar bersama anggota Komisi IX DPR RI Alifudin turun langsung ke berbagai daerah di Kalbar.

 

Sinergi BKKBN Kalbar dan Komis IX DPR RI diantaranya lewat sosialisasi program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta percepatan penurunan stunting bersama mitra kerja oleh BKKBN perwakilan Kalbar di Sintang.

 

Baca Juga : BKKBN Kalbar Berkolaborasi Bersama Perguruan Tinggi Atasi Stunting

 

Alifudin mengatakan kehadiran dirinya ke Kabupaten Sintang merupakan bentuk kepedulian dalam upaya percepatan penurunan stunting. Meskipun menurutnya dirinya merupakan anggota legislatif dari daerah pemilihan (Dapil) Kalbar 1.

 

“Kami harapkan dengan kami hadir ke Kabupaten Sintang ini bentuk kepedulian kami meskipun bukan dapil kami,” pungkas Alifudin.

 

Editor:  Slamet

Pewarta : Tim Redaksi jaringinfo.com

Pemkab Sintang Mengklaim Angka Stunting Turun Secara Signifikan

Anggota Komisi IX DPR RI Turun Langsung Hingga ke Kapuas Hulu